Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam Hasanuddin Bersama Forkopimda Panen Padi Perdana di Lahan Optimasi Rawa Pinrang

Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) bersama Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh ke Kabupaten Pinrang.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Pangdam Hasanuddin Bersama Forkopimda Panen Padi Perdana di Lahan Optimasi Rawa Pinrang
Pendam Hasanuddin
Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun membuka panen padi perdana di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024) 

TRIBUNNEWS.COM, PINRANG - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) bersama Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, dan Forkopimda ke Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024).

Dalam rangkaian kegiatan kunker bersama Pemkab dan masyarakat Pinrang melaksanakan pesta panen padi perdana dari kegiatan optimasi lahan pertanian di Desa Mallongi-longi, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan guna mewujudkan swasembada pangan nasional yang dicanangkan Kementerian Pertanian RI.

Itu selaras dengan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun menegaskan pihaknya siap membantu, mengawal, dan menyukseskan program pemerintah di sektor ketahanan pangan untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai lumbung padi nasional.

Baca juga: Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke-120 Kodim 1307/Poso

Dalam sambutannya, Dandim 1404 Pinrang, Letkol Inf Abdullah Mahua mengatakan, hasil optimasi lahan rawa Tahun anggaran 2024 di wilayah Kodim 1424 Pinrang, tidak lepas dari arahan Panglima Kodam XIV/Hsn untuk bekerja maksimal memberikan pelayanan terbaik dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan negara melalui Kementerian Pertanian.

"Diminta mendukung ketahanan pangan dalam rangka penanganan darurat pangan nasional. makanya, Kodim 1404 Pinrang merupakan Kodim yang melaksanakan penanaman perdana dan tercepat di Indonesia seluas 500 hektare di Kabupaten Pinrang," kata Abdullah Mahua.

Dandim 1404 Pinrang, Letkol Inf Abdullah Mahua 342
Dandim 1404 Pinrang, Letkol Inf Abdullah Mahua, memberikan sambutan pada Panen Padi Perdana Di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6 /204)
BERITA REKOMENDASI

Dikatakan dia, optimasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang tersebar di lima kecamatan. Di antaranya Kecamatan Lanrisang 63,8 hektare.

"Yang melaksanakan panen raya di wilayah Kabupaten Pinrang seluas 164, 5 hektare di dalamnya ada 63,8 hektare merupakan kegiatan optimasi lahan rawa yang dikerjakan Kodim 1404 Pinrang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang," katanya.

Baca juga: Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Sepakat Polres dan Kodim jadi Tempat Penitipan Kendaraan Pemudik

Lokasi lainnya di Kecamatan Suppa seluas 22,7 hektare, konstruksi yang dibangun sepanjang 1.144 meter.

Lalu di wilayah Kecamatan Mattiro Sompe merupakan kecamatan yang terluas dalam kegiatan optimasi lahan rawa atau konstruksi seluas 278,7 hektare.

Selanjutnya di wilayah Kecamatan Watang Sawitto seluas 93,7 hektare, konstruksi yang dibangun panjang 5.57 meter.

Sementara Pj Bupati Pinrang, Ahmadi Akil berterima kasih Pangdam XIV/Hsn hadir di Desa Mallongi-longi, di mana akan menjadi penyemangat warga Pinrang untuk maju lebih baik.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan sektor unggulan dalam proses pencernaan pembangunan daerah Kabupaten Pinrang dengan dukungan topografi yang menjadi keunggulan tersendiri.

Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun bersama Forkopinda
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun bersama Forkopinda Sulsel Panen Padi Perdana Di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas