Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Kekeringan Saat Kemarau BUMN Jasa Keuangan Ini Berikan Bantuan Sarana Air Bersih

Air minum yang bersih dan aman penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Air bersih jadi kebutuhan dasar manusia.

Editor: willy Widianto
zoom-in Antisipasi Kekeringan Saat Kemarau BUMN Jasa Keuangan Ini Berikan Bantuan Sarana Air Bersih
Dokumentasi PNM
PNM melalui Cabang Yogyakarta menyalurkan bantuan penampungan dan sarana air bersih disalurkan untuk masyarakat di wilayah Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Air bersih menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Air bersih digunakan untuk berbagai keperluan, seperti minum, memasak, mandi, dan mencuci. Air minum yang bersih dan aman penting untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Baca juga: Bencana Kekeringan Terjadi di Gunungkidul, Masyarakat Beli Air Bersih dari Pihak Swasta

Menurut Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani(PNM), Arief Mulyadi dibalik melimpahnya ketersediaan air yang dapat dikonsumsi oleh manusia, untuk keperluan air minum sangatlah sedikit.

Dari jumlah total air di dunia, hanya lima persen yang tersedia sebagai air minum. Hal ini mendorong perusahaan melalui PNM Peduli untuk mengoptimalkan penyaluran bantuan sarana dan prasarana air.

“Air bersih merupakan kebutuhan primer masyarakat dan menjadi kebutuhan darurat di musim kemarau. Ini jadi concern kami di PNM akan terus berupaya menyediakan sarana air bersih bagi masyarakat,” ujar Arief dalam pernyataannya, Selasa(2/7/2024).

Baca juga: Warga Semanu Gunung Kidul Ditemukan Tewas dalam Rumahnya, Ada Luka Sayat di Leher

Karena itu guna mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan kelestarian lingkungan terutama air bersih, PNM melalui Cabang Yogyakarta menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan.

Lewat program PNM Peduli, bantuan penampungan dan sarana air bersih disalurkan untuk masyarakat di wilayah Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Apalagi saat ini banyak wilayah yang kekurangan air bersih akibat dari kemarau panjang.

Selain itu, di wilayah Desa Seloharjo sendiri terdapat 498 nasabah binaan PNM yang tergabung dalam program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Mereka mengandalkan air bersih untuk dapat menyokong keberlangsungan usahanya.

Baca juga: Bantu Cari Sumber Air Bersih untuk Warga di NTT, Mensos Risma Bakal Gunakan Teknologi

BERITA TERKAIT

“Kalau kebutuhan primer berupa air bersih tidak terfasilitasi tentu akan menghambat jalannya usaha, pendapatan mereka juga berkurang, bagaimana bisa optimal berkontribusi untuk ekonomi keluarga,” kata Arief.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat dapat mencukupi kebutuhan air bersih mengingat di daerah Dusun Ngreco hanya memiliki 1 sumber mata air yaitu mata air Surocolo yang saat musim kemarau airnya sudah mulai menipis dan tidak bisa memenuhi kebutuhan air bersih di lingkungan sekitar.

Artikel Ini Telah Tayang di Wartakotalive.com dengan judul 'PNM Peduli Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun Ngreco Yogyakarta'

Sumber: Warta Kota

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas