Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ikut Berlayar di Kapal Perang 30 Jam, Mensos Kawal 16,5 Ton Bantuan Bakti Sosial ke Pulau Kei Besar

Risma naik KRI Teluk Wesa - 526, ikut berlayar selama 30 jam kawal bantuan yang akan disalurkan ke warga di Pulai Kei Besar, Maluku Tenggara.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ikut Berlayar di Kapal Perang 30 Jam, Mensos Kawal 16,5 Ton Bantuan Bakti Sosial ke Pulau Kei Besar
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Sosial Tri Rismahirini tiba di KRI Teluk Weda - 526 yang sandar di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Selasa (23/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Menteri Sosial Tri Rismahirini tiba di KRI Teluk Weda - 526 yang sandar di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Selasa (23/7/2024).

Setibanya di kapal perang satuan kapal amfibi Koarmada III TNI Angkatan Laut tersebut, Risma kemudian mendengarkan safety briefing dari Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma.

Risma lalu meninjau sekira 16,5 ton bantuan yang akan disalurkan kepada warga di Pulau Kei Besar Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku melalui sejumlah kegiatan bakti sosial.




Saat peninjauan tersebut ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran KRI Teluk Weda - 526 yang telah mendukung kegiatan Kementerian Sosial tersebut.

"Salah satu tugas Kementerian Sosial memang untuk memberi perhatian pada daerah 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar)," jelas Risma.

Bantuan sosial dari Kementerian Sosial tersebut akan diangkut  menuju Pelabuhan Laut di Elat Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku.

Barang bantuan tersebut di antaranya berupa pupuk, kasur, vitamin, tandon air, traktor tangan, kapal-kapal nelayan berukuran kecil, dan sebagainya.

BERITA TERKAIT

Barang-barang bantuan tersebut telah dimuat di dalam kapal perang berjenis Landing Ship Tank itu sejak Minggu (23/7/2024).

Risma akan turut dalam pelayaran dari Ambon menuju Pelabuhan Elat Kei Besar yang memakan waktu sekira 30 jam tersebut.

"Memang harus diniati," kata Risma.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVII Tahun 2024 di ruang Aula Utama Kampus BPSDM Jawa Barat (Jabar), Kota Cimahi, Kamis (18/7/2024).
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVII Tahun 2024 di ruang Aula Utama Kampus BPSDM Jawa Barat (Jabar), Kota Cimahi, Kamis (18/7/2024). (Istimewa)

Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma sebelumnya mengatakan proses embarkasi bantuan dari Kemensos tersebut telah dilaksanakan secara bertahap sejak kemarin.

Ia mengatakan rencananya bantuan tersebut akan dikirim ke Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku pada Selasa (23/7/2024) 

"Dengan kondisi normal kapal kami, kecepatan kemampuannya 12 knot. Insya Allah dari Ambon ke Pulau Kei Besar akan memakan waktu 30 jam," kata Ricky di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Senin (22/7/2024).

"Sehingga insya Allah besok Ibu (Mensos) akan tiba jam 07.00 (WIT), kemudian akan datang ke kapal pukul 08.00 insya Allah kapal akan bertolak jam 09.00, dan tiba di sana pukul 15.00 di hari Rabu," sambung dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas