Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ribuan Kader dan Simpatisan PDIP Subang Mundur, DPD Jabar: Hanya 4 Orang, Lainnya Massa Tidak Jelas

Niko sudah lama diminta mundur oleh PDIP Jabar karena dianggap berperilaku tidak sesuai dengan perintah partai dalam ajang Pilkada Subang

Editor: Erik S
zoom-in Ribuan Kader dan Simpatisan PDIP Subang Mundur, DPD Jabar: Hanya 4 Orang, Lainnya Massa Tidak Jelas
tribunjabar.id / Ahya Nurdin
Ribuan kader dan simpatisan PDIP di Kabupaten Subang menyatakan mencabut dukungan dan mengundurkan diri dari keanggotaan partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut, Jumat (2/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG-  Ribuan kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Subang, Jawa Barat, diberitakan mencabut dukungan dan mengundurkan diri dari keanggotaan partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut, Jumat (2/8/2024). 

Mereka merupakan simpatisan atau pendukung Niko Rinaldo yang gagal lolos ke DPRD Jabar. Mereka menilai ketidaklolosannya ini karena dicurangi calon lainnya, setelah Niko mendapat 39.398 suara pada pemilihan legislatif lalu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mengatakan, deklarator aksi pengunduran diri merupakan Sekretaris DPC PDIP Subang, Niko Rinaldo.

Baca juga: Minta Maaf Jokowi Disorot PDIP, Sebut Hukum dan Demokrasi Lebih Rusak Dibanding Orba

Niko sudah lama diminta mundur oleh DPD PDI Perjuangan Jabar karena dianggap berperilaku tidak sesuai dengan perintah partai dalam ajang Pilkada Subang.

"Niko Rinaldo ini memang sedang dalam proses penonaktifan sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Subang dan Ketua Taruna Merah Putih Jawa Barat karena memang sikap dia yang bertentangan terhadap peraturan partai dalam mekanisme penjaringan dan penyaringan bakal calon bupati Kabupaten Subang," kata Ono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/8/2024).

Sikap Niko yang bertentangan dengan partai seperti dengan terang-terangan mendukung bakal calon bupati Subang dari partai lain. Padahal, Niko bertanggungjawab memenangkan PDI Perjuangan di Pilkada Subang.

"Dia juga mendaftar ke partai lain (sebagai bakal calon Bupati Subang)," sambung Ono.

BERITA TERKAIT

Selain itu, Ono menepis kabar jika jumlah kader DPC PDI Perjuangan Subang yang mengundurkan diri mencapai 1.000 orang. Menurut informasi yang diperolehnya, hanya empat orang kader PDI Perjuangan yang mengikuti jejak Niko.

"Hanya ada 4 orang (lainnya) dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Kabupaten Subang, yang lainnya massa tidak jelas," bebernya.

Ono menduga, pengunduran massal tersebut diinisiasi oleh orang luar partai dan mantan-mantan kader PDI Perjuangan.

"Memang ada penggerak lain dari luar partai yang juga mantan anggota PDI Perjuangan. Niko juga kan tidak terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi, saya lihat ada kekecewaan itu," tandasnya.

Tanggapan PAC Subang

Perwakilan DPC PDIP Subang, Ujang Yusup Japet, menanggapi santai aksi ribuan kader dan simpatisan di Kabupaten Subang menyatakan mencabut dukungan dan mengundurkan diri dari PDI Perjuangan.

Ia mengaku menghormati keputusan Niko Rinaldo bersama ribuan kader dan simpatisan lainnya untuk keluar dari PDIP Subang.

Baca juga: PDIP Bantah Sudah Beri Rekomendasi Edy Rahmayadi Maju di Pilkada Sumut 2024

"Kami menghormati keputusan kang Niko dan ribuan kader yang datang siang ini ke Kantor DPC PDIP Subang untuk mengembalikan KTA dan undur pamit dari Keluarga besar PDIP Subang," katanya, Jumat (2/8/2024).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas