Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Chattra Borobudur Tinggalan van Erp Dibongkar dan Akan Dipasang di Puncak Candi

Tim BRIN dan Ditjen Bimas Budha Kementerian Agama RI saat ini Tengah mempersiapkan pembongkaran dan pemasangan chattra di Balai KoOnservasi Borobudur.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Chattra Borobudur Tinggalan van Erp Dibongkar dan Akan Dipasang di Puncak Candi
TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGA
Tim BRIN pada Kamis (5/9/2024) tampak mengukur chattra hasil rekonstruksi Theodore van Erp yang dilanjutkan penyusunan ulang oleh Balai Konservasi Borobudur sejak 1995. Chattra itu kini ditempatkan di halaman Balai Konservasi Borobudur atau kini Bernama Museum Cagar Budaya Borobudur. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA – Kabar telah beredar di sejumlah komunitas sejarah, pada 18 September 2024 akan digelar upacara peresmian pemasangan chattra Candi Borobudur.

Undangan acara ini sudah tersebar dengan kop Ditjen Bimas Budha Kementerian Agama RI, yang ditandatangani Dirjen Bimas Budha, Drs Supriyadi MPd.

Tajuk acaranya adalah peletakan paratama chattra di pelataran Candi Borobudur.  Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto direncanakan akan hadir di Candi Borobudur.




Kepala Sub Koordinator Museum dan Cagar Budaya Borobudur (dulu Balai Konservasi Borobudur), Wiwit Kasiyati, mengatakan pembongkaran chattra saat ini dilakukan untuk mendukung kajian teknis dan Detal Engineering Design (DED).

Mengenai rencana kegiatan peresmian pemasangan chattra pada 18 September 2024, Wiwit mengaku tidak tahu menahu. “Kami tidak tahu, silakan ditanyakan ke Kemenag,” balas Wiwit Kasiyati.

Candi Borobudur dan Stupa Induk
Candi Borobudur dan stupa induknya yang tanpa ornamen chattra sebagai hasil pemugaran sejak 1907-1911 dan dilanjutkan pada 1973-1983 dilihat dari arah barat daya per Kamis (5/9/2024). Stupa induk itu kemungkinan akan berubah jika chattra dipasang dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Chatra Borobudur akan Dipasang, Umat Buddha Sambut Gembira 

Baca juga: Jokowi Ajak Anak dan Cucu Berakhir Pekan di Candi Borobudur

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Perayaan Waisak di Candi Borobudur Dongkrak Okupansi Penginapan

Tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Ditjen Bimas Budha Kementerian Agama RI saat ini Tengah mempersiapkan pembongkaran dan pemasangan chattra itu.

Pada Selasa (3/9/2024) hingga Kamis (5/9/2024), seperti disaksikan Tribun di lapangan, persiapan teknis pengukuran, pendokumentasian, dan persiapan bongkar telah dilakukan di MCB Borobudur.

BERITA TERKAIT

Pertemuan sejumlah pihak juga digelar di sebuah hotel di Magelang, termasuk menghadirkan Pak Werdi, pensiunan Balai Konservasi Borobudur.

Pak Werdi ini menjadi satu-satunya orang yang tersisa yang memahami dan sekaligus pernah merekonstruksi chattra Borobudur sejak tahun 1995.

Dalam beberapa hari terakhir, Pak Werdi secara khusus dimintai bantuan untuk membongkar dan memasang kembali chattra itu.

Pendekatan intensif kabarnya dilakukan pihak ketiga, atau kontraktor yang mendapat tugas untuk proyek pemasangan chattra ini.

Ahli pencari dan penyusun batu Candi Borobudur yang pensiun sejak 2010 ini merasa dirinya di posisi sangat sulit.

Ia yang pernah jadi anak buah Prof Dr Soekmono saat pemugaran Borobudur sejak 1973 mengamini pendapat pakar sejarah klasik itu.

Menurutnya mengutip pendapat Prof Dr Soekmono, stupa induk Borobudur tidak memiliki chattra, meskipun ada relief di candi ini yang memperlihatkan bentuk chattra.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas