Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antusias Hadiri Kalteng Bermazmur, Ribuan Umat Kristiani Banjiri Stadion Mini Kuala Kurun

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo hadir pada acara Kalteng Bermazmur

Editor: Content Writer
zoom-in Antusias Hadiri Kalteng Bermazmur, Ribuan Umat Kristiani Banjiri Stadion Mini Kuala Kurun
Istimewa
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo hadir pada acara Kalimantan Tengah (Kalteng) Bermazmur di Kabupaten Gunung Mas, yang dipusatkan di area Stadion Mini Kuala Kurun, Jumat (20/9/2024) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo hadir pada acara Kalimantan Tengah (Kalteng) Bermazmur di Kabupaten Gunung Mas, yang dipusatkan di area Stadion Mini Kuala Kurun, Jumat (20/9/2024) malam.

Mengawali sambutannya Gubernur Kalteng menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya Kateng Bermazmur bagi Umat Kristiani di Kabupaten Gunung Mas, setelah beberapa waktu sebelumnya telah suksesnya penyelenggaraan Kalteng Bersholawat untuk umat muslim di Kabupaten Kapuas.

Hal ini tentu merupakan bukti nyata semangat toleransi, kebinekaan, dan keharmonisan yang selalu kita jaga di Kalimantan Tengah, yang terukir indah dalam Falsafah Huma Betang, persatuan dalam keberagaman, yang kita pegang teguh, “karena saya meyakini untuk membangun Kalimantan Tengah tidak berbicara agama, tidak pula berbicara suku dan ras, tapi butuh kata terakhir dari Kalteng BERKAH yaitu Harmonis” kata Gubernur Kalteng.

“Apabila harmonis seluruh agama, seluruh suku dan ras di Kalimantan Tengah, isyaallah Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Kalteng dapat membangun Kalimantan tengah dengan baik” imbuhnya.

Dikatakannya pula, bahwa masyarakat di Kalimantan Tengah mayoritas menganut agama islam, namun tetap harus menghormati agama yang lain, memberi ruang untuk beribadah dan mempunyai kesempatan yang sama sesuai keyakinannya masing-masing, “dan melalui Kalteng bermazmur ini menjadi momentum yang sangat baik, untuk mempererat rasa kebersamaan dan persatuan serta memperkokoh kerukunan antar umat beragama di Bumi Tambun Bungai” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng juga memberikan ruang untuk 500 orang putra putri Kabupaten Gunung Mas yang tidak mampu, untuk kuliah di perguruan tinggi yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, Gubernur didampingi Wagub Kalteng, bersama Ketua TP PKK Prov. Kalteng, Plh Sekda Kalteng dan Pj Bupati Gumas beserta jajaran, menyerahkan bantuan sembako pasar murah dan kaos tuntas belajar secara simbolis kepada perwakilan Pendeta, Pastur, hamba Tuhan dan jemaat.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Pj Bupati Gunung Mas Herson B. Aden dalam sambutan singkatnya menyampaikan, kehadiran Gubernur dan Ketua TP PKK Prov. Kalteng pada acara tersebut membawa nuansa baru bagi masyarakat Kabupaten Gunung Mas.

Disebutkannya, bahwa Pemerintah Kabupaten Gunung Mas sangat menyambut baik digelarnya Kalteng Bermazmur di Kabupaten Gunung Mas, “dan berharap Kabupaten Gunung Mas tetap dijadwalkan even-even untuk kegiatan keagamaan lainnya yang bisa dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas” pungkasnya.

Diinformasikan, pada kegiatan Kalteng Bermazmur ini menghadirkan Pdt. Steve Marcel Saerang dari Jakarta dan dimeriahkan oleh penampilan Maria Calista, serta artis-artis lokal lainnya.

Selanjutnya, Gubernur didampingi Wagub Kalteng, bersama Ketua TP PKK Prov. Kalteng, dan Pj Bupati Gumas beserta jajaran, menyerahkan bantuan sembako pasar murah dan kaos tuntas belajar secara simbolis kepada perwakilan Pendeta, Pastur, hamba Tuhan dan jemaat.

Selain itu, Gubernur dan Ketua DAD Prov. Kalteng H. Agustiar Sabran juga memberikan tali asih secara pribadi untuk 100 orang pendeta se Kabupaten Gunung Mas sebesar 2,5 juta per orang.

Pada akhir acara Pemerintah Prov. Kalteng memberikan bantuan 5000 paket sembako kepada jemaat gereja di Kabupaten Gunung Mas, dan juga menyediakan paket perjalanan rohani untuk 30 orang pendeta di Kabupaten Gunung Mas dan 10 orang masyarakat.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Plh Sekda Prov. Kalteng H. Katma F. Dirun, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng sekaligus Ketua Kerohanian Kristen Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala DP3APPKB Prov. Kalteng selaku Ketua Panitia Linae Victoria Aden, Kepala OPD lingkup Pemprov. Kalteng, tokoh agama dan Ketua Aras Gereja di Kalteng, serta masyarakat Kabupaten Gumas. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas