Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Interior Elegan Penuh Seni Kaligrafi, Jadi Pesona Masjid Nur'aini di Bangka Belitung

Masjid Nur’aini menjadi masjid kedua yang didirikan oleh keluarga besar Almarhum H. Soeprapto Soeparno di Bangka Belitung.

zoom-in Interior Elegan Penuh Seni Kaligrafi, Jadi Pesona Masjid Nur'aini di Bangka Belitung
Istimewa
Pengguntingan pita oleh Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto pendiri TIKI-JNE bersama keluarga besar 

TRIBUNNEWS.COM – Pada tanggal 6 Oktober 2024, bertepatan dengan hari kelahiran Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto,  Masjid Nur’aini yang terletak di Kurau Barat, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung diresmikan. Masjid Nur’aini menjadi masjid kedua yang didirikan oleh keluarga besar Almarhum H. Soeprapto Soeparno di Bangka Belitung setelah sebelumnya meresmikan Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pada tahun 2021. 

Masjid Nur’aini berdiri megah di atas tanah seluas 2.362 m⊃2; dengan bangunan dua lantai seluas 970 m⊃2;. Dengan eksterior yang didominasi warna putih, gaya arsitektur modern klasik yang diusung menciptakan suasana yang seimbang antara tradisi dan modernitas, menjadikannya sebagai tempat ibadah yang nyaman. Menawarkan interior yang elegan dan indah, dengan seni kaligrafi bernuansa Maroko yang menambah daya tariknya. 

Eksterior Masjid Nur’aini di Kurau Barat, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung
Eksterior Masjid Nur’aini di Kurau Barat, Kec. Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Istimewa)

Menoleh sedikit kebelakang, awal mula pemilihan lokasi masjid ini karena semasa bangku Sekolah Dasar (SD), Ibu Hj. Nur’aini yang merupakan istri dari Alm Bpk H. Soeprapto Soeparno begitu senang melihat kehidupan nelayan di sekitar laut Kurau Barat, Bangka Belitung. Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto yang kini menginjak usia yang ke-80 tahun, keinginan untuk memberikan kebahagiaan kepada masyarakat Kurau Barat, yang sebagian besar adalah warga dengan latar belakang ekonomi sederhana, masih menjadi salah satu alasan Ibu Hj. Nur’aini memilih daerah ini.

Baca juga: Jadi Wadah Kreator Salurkan Bakat, JNE Apresiasi 41 Pemenang Content Competition 2024

Melihat masjid-masjid yang ada di kawasan Kurau Barat dalam kondisi bersih dan terawat, Ibu Hj. Nur’aini merasa yakin bahwa masyarakat di sana memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pemeliharaan fasilitas umum, terutama masjid. 

“Saya dan almarhum Bapak Soeprapto Soeparno menghabiskan masa kecil kami di Kepulauan Bangka Belitung. Bapak di Pangkal Pinang dan saya di Kurau Barat. Kami sangat familiar dengan kehidupan masyarakat di sini, dan kami ingin berbagi kembali kepada masyarakat Bangka Belitung,” ucap Ibu Hj. Nuraini Soeprapto Soeparno, Pendiri TIKI – JNE. “Dengan kehadiran masjid ini, diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” 

Nuansa Masjid Nur’aini dirancang lebih feminin dan hangat dibandingkan dengan Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno yang lebih maskulin. Desain bangunan ini merupakan hasil karya Raul Renanda Amrul, seorang desainer, arsitek, dan seniman berbakat Indonesia yang dikenal dengan keahliannya dalam berbagai disiplin seni. Raul juga merupakan sosok di balik desain Masjid Jami Soeprapto Soeparno dan sejumlah karya arsitektur ikonik lainnya, termasuk Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Masjid ini pun semakin istimewa dengan kehadiran lampu chandelier yang dibuat oleh para pengrajin berbakat dari Boyolali, menjadikan Masjid Nur’aini sebagai representasi karya anak bangsa yang membanggakan. 

Rangkaian acara peresmian Masjid Nur’aini dibuka dengan pantun selamat datang yang dibawakan oleh Cik Kario. Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh PJ Gubernur Bangka Belitung, Bapak Sugito, S. Sos., M.H. Turut hadir Kang Maman Suherman untuk membawakan “Sekapur Sirih” dan Ustadz Hilman Fauzi memberikan tausiyah dan pembacaan doa. Acara kemudian dilanjut dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto dan keluarga. 

Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto menandatangani prasasti Masjid Nur’aini
Ibu Hj. Nur’aini Soeprapto menandatangani prasasti Masjid Nur’aini (Istimewa)
BERITA REKOMENDASI

Dalam sambutannya, Bapak Sugito, S.Sos., M.H, selaku PJ Gubernur Bangka Belitung menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kontribusi Ibu Hj. Nuraini Soeprapto Soeparno dan keluarga besar TIKI – JNE dalam pembangunan Masjid Nur’aini di Kurau Barat ini. Masjid ini tidak hanya menjadi simbol kepedulian sosial yang luar biasa, tetapi juga diharapkan dapat menjadi tempat yang memfasilitasi berbagai kegiatan positif dan sarana untuk mempererat kebersamaan masyarakat sekitar. Semoga Masjid Nur’aini dapat menjadi sumber inspirasi dan keberkahan bagi warga Bangka Belitung, khususnya Kurau Barat, serta menggerakkan lebih banyak pihak untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah." 

Baca juga: Kisah Ksatria JNE Bogor, Haggies Mugara, Peraih Medali Emas dan Perak PON XXI Cabor Shorinji Kempo

Dalam tausyiahnya Ustadz Hilman Fauzi menuturkan bahwa masjid adalah tempat istimewa yang dapat mengantarkan kemuliaan, ketenangan dan kebahagiaan. Bahkan Allah SWT menyiapkan pahala yang sangat besar untuk hambanya yang memakmurkan masjid selama hidup di dunia. Adapun orang yang bisa membangun masjid di dunia, kelak Allah akan bangunkan istana rumah di Surga. 

Keluarga besar Alm. Bapak H. Soeprapto Soeparno bersama dengan Kang Maman Suherman dan Ustadz Hilman Fauzi
Keluarga besar Alm. Bapak H. Soeprapto Soeparno bersama dengan Kang Maman Suherman dan Ustadz Hilman Fauzi (Istimewa)

Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE mengungkapkan,  “Masjid Nur’aini adalah bentuk komitmen keluarga kami untuk memberi kembali kepada masyarakat Bangka Belitung, yang selalu kami anggap sebagai rumah. Kami memahami pentingnya tempat ibadah bagi kehidupan sosial dan spiritual. Sesuai dengan filosofi yang ditanamkan oleh Almarhum Bapak Soeprapto Soeparno, yakni Berbagi, Memberi, dan Menyantuni, yang sampai dengan saat ini, filosofi tersebut masih dijalankan oleh perusahaan. Kami berharap dengan adanya masjid ini dapat memperkuat silaturahmi dan mendukung berbagai aktivitas keagamaan. Semoga masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.” 

"Kami percaya bahwa tujuan bisnis dan sosial harus selalu berjalan seiring, sebagaimana telah menjadi komitmen yang diwariskan oleh pendiri TIKI sejak awal berdirinya perusahaan ini. Nilai-nilai kepedulian dan tanggung jawab sosial yang dijunjung tinggi akan terus kami jaga dan laksanakan lintas generasi. Melalui pembangunan Masjid Nur’aini ini, kami berharap dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi masyarakat Bangka Belitung. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada TIKI dalam mendukung roda perekonomian di daerah ini. Semoga sinergi ini dapat terus terjalin dan memberikan dampak positif bagi kita semua,” kata Ibu Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI.  

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas