Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Studi Ilmiah Ungkap Konsumsi Telur Tiap Hari Tekan Risiko Serangan Jantung

Memakan satu telur setiap hari juga menurunkan risiko terkena stroke hemoragik sebanyak 26 persen dan kematian akibat penyakit ini sebanyak 28 persen.

Studi Ilmiah Ungkap Konsumsi Telur Tiap Hari Tekan Risiko Serangan Jantung
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
TELUR AYAM - Pedagang menimbang telur ayam ras di Pasar Simpang Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Kamis (11/5/2017). Dalam seminggu terakhir harga telur terus bergerak naik setiap harinya hingga menembus harga Rp 22.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 18.500 per kilogram. Kenaikan harga tersebut diprediksi akan terus berlanjut hingga Ramadan mendatang. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Sudahkah Anda memakan telur hari ini? Jika ya, ada kabar baik untuk Anda. Para peneliti baru saja mengungkapkan bahwa memakan sebutir telur setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Ceritanya, tim peneliti dari China dan Inggris Raya yang dipimpin oleh Professor Liming Li dan Dr Canqing Yu dari Sekolah Kesehatan Publik, Peking University Health Science Center.

Keduanya mempelajari data dari studi lain yang partisipannya berjumlah lebih dari setengah juta orang berusia 30 hingga 79 tahun di 10 lokasi di China.

Mereka ingin mengetahui korelasi antara memakan telur dan penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, serta stroke iskemik dan hemoragik.

Dari setengah juta partisipan tersebut, sebanyak 416.000 partisipan yang tidak punya penyakit kanker, jantung dan diabetes dipilih.

Para peneliti menanyakan seberapa sering para partisipan makan telur dan memeriksa mereka kembali setelah 8,9 tahun berlalu.

Hasilnya yang telah dipublikasikan dalam jurnal Heart menunjukkan mereka yang makan sebutir telur setiap hari ditemukan memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, pengurangannya mencapai 18 persen.

Memakan satu telur setiap hari juga menurunkan risiko terkena stroke hemoragik sebanyak 26 persen dan kematian akibat penyakit ini sebanyak 28 persen.

Partisipan yang makan lima telur seminggu juga memiliki risiko terkena penyakit jantung iskemik yang 12 persen lebih rendah dibanding mereka yang jarang makan telur.

Hasil ini sejalan dengan riset-riset terbaru yang mengungkapkan bahwa telur membantu meningkatkan kolestrol baik atau HDL dan mengurangi kolestrol buruk dari aliran darah.

Telur juga kaya akan protein, vitamin, dan komponen bioaktif seperti fosfolipid yang merupakan bagian dari membran sel makhluk hidup; serta mengandung 35 persen dari kebutuhan kolina orang dewasa yang dibutuhkan untuk kesehatan fungsi kognitif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Baik, Makan Telur Setiap Hari Turunkan Risiko Penyakit Jantung"

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas