Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Harmoni dari Bedah Buku ''Boalemo Surga yang Tertidur''

Deskripsi  kehidupan masyarakat Boalemo dan keindahan alamnya, tergambar dalam buku karya sastrawan Bandung, Faisal Syahreza berjudul “Boalemo Surga

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pesan Harmoni dari Bedah Buku ''Boalemo Surga yang Tertidur''
Ist
Kritikus sastra, Damhuri Muhamad (tengah) ketika membahas buku “Boalemo Surga yang Tertidur” Faisal Syahreza dalam Bedah Buku yang diselenggarakan  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  di Jakarta, Rabu (2/12) 

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Banyak daerah di Indonesia yang masyarakatnya menjadi contoh, dalam kaitan hubungan antarwarga, antarpemimpin dan warga, antarumat beragama, dan pesan kerukunan serta kedamaian dalam kehidupan sehari-hari.

Paling tidak, ini terlihat dari gambaran utuh bagaimana sebuah Kabupaten Boalemo di Gorontalo, patut menjadi contoh di tengah hiruk pikuk isu keagamaan yang membuat masyarakat bimbang.

Deskripsi  kehidupan masyarakat Boalemo dan keindahan alamnya, tergambar dalam buku karya sastrawan Bandung, Faisal Syahreza berjudul “Boalemo Surga yang Tertidur”. 




Buku yang ditulis berdasarkan kunjungan langsung selama satu bulan di Boalemo itu diterbitkan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), 2019.

Buku Boalemo dibedah oleh kritikus sastra Damhuri Muhammad dalam acara yang diadakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  di Jakarta, Rabu (2/12) secara langsung dan juga daring.

Selain buku Boalemo ini, juga dibedah buku karya berjudul  “Model Pembelajaran Literasi untuk Jenjang Prabaca dan Pembaca Dini : Panduan bagi Orang Tua dan Guru” karya Sofie Dewayati.

Pembedah buku ini Dewi Utami Faizah dan Kak Awan, pendiri Kampung Dongeng Indonesia.

BERITA TERKAIT

Kritikus sastra, Damhuri Muhamad  yang membedah buku tentang Boalemo ini mengakui betapa luar biasanya masyarakat Boalemo dalam memaknai hidup dan kehidupan, termasuk bagaimana mereka berdamai dengan alam.

Menurut Damhuri, Boelemo adalah tempat yang indah di Gorontalo. Suatu tempat yang seperti surga. Surga kedamaian atau surga dalam kemajemukan, surga itu mau dibangunkan. Boalemo dalam kedamaian, surga dalam hidup kemajemukan. Surga adalah metafora Boalemo.

Membaca karya Syahreza tentang Boalemo ini seakan kita diajak menelusuri kehidupan masyarakat di sana, dari satu dusun ke dusun lain dengan kearifan serta kreativitas masyarakatnya yang penulis sendiri mengaku kalah meski dari daerah yang dikenal sebagai salah satu pusat kreativitas masyarakat yakni Jawa Barat.

“Boalemo, Surga yang Tertidur. Orang Boalemo yang sejak pertama kalinya saya menginjakkan kaki, menurut saya sudah menjadi ‘perpustakaan’ yang lebih kaya dari buku-buku tentang Boalemo itu sendiri. Mereka punya pandangan yang kadang sederhana, tetapi dalam memaknai berbagai nilai hidup. Hati mereka tulus dan wawasan mereka terasa sangat mendalam dengan jiwa yang masih memegang erat berpegang teguh akan akar tradisi Gorontalo dalam bermasyarakat,” papar Syahreza.

Di bagian lain diungkapkan Syahreza, kerukunan kehidupan masyarakat di sebuah desa bernama Desa Tri Rukun yang didiami mayoritas warga pendatang Bali beragama Hindu, lalu penduduk beragam Islam, dan Kristen, hidup berdampingan, saling merawat dan hidup sangat rukun.

Pembelajaran Literasi

Pada sesi siang yakni bedah buku “Model Pembelajaran Literasi untuk Jenjang Prabaca dan Pembaca Dini : Panduan bagi Orang Tua dan Guru”, pembedah buku yakni Dewi Utama menjelaskan banyak mengenai bagaimana menerapkan model pembelajaran untuk anak-anak  usia prabaca dan pembacaan dini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas