Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Unggah Timeline Pilpres 2019 & Potensi Bencana, Sutopo Sebut Gempa & Tsunami Bisa Terjadi Tiba-tiba

Humas BNPB Sutopo, mengunggah perbandingan timeline Pemilu 2019 dan potensi bencana mulai gempa hingga tsunami bisa terjadi sepanjang tahun

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Unggah Timeline Pilpres 2019 & Potensi Bencana, Sutopo Sebut Gempa & Tsunami Bisa Terjadi Tiba-tiba
Twitter/ @Sutopo_PN
Humas BNPB Sutopo, mengunggah perbandingan timeline Pemilu 2019 dan potensi bencana mulai gempa hingga tsunami bisa terjadi sepanjang tahun 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, selalu menginformasikan kabar hingga perkembangan bencana di suatu daerah.

Kabar tersebut kerap kali ia unggah dalam akun media sosial Sutopo BNPB, @Sutopo_PN.

Seperti halnya Senin (7/1/2019) sore perihal agenda potensi bencana gempa bumi, tsunami, hingga erupsi gunung api.




Kali ini unggahannya tersebut terkesan berbeda lantaran berisi gambar perbandingan Timeline Pemilu 2019 dan Potensi Bencana 2019.

Gambar berisi agenda Pemilu 2019 yang dimulai dari penetapan capres dan cawapres pada 20 September 2018, berlangsungnya Pemilu pada 17 April 2019 sampai pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

Digambarkan juga nuansa politik yang dimulai dari masa kampanye sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019, penyelesaian sengketa hasil pemilu Mei sampai September 2019, pengucapan sumpah janji anggora DPD-DPR RI 1 Oktober 2019 lalu penetapan hasil pasca putusan MK 17-23 September 2019.

Baca: Gempa Hari Ini - BMKG Catat Sudah 5 Kali Gempa Melanda Wilayah Indonesia, Dini Hari Hingga Siang Ini

Giliran soal potensi bencana, Sutopo membagi dua grafik potensi bencana menjadi dua bagian yakni potensi bencana hidrometeorologi dan potensi bencana geologi.

BERITA TERKAIT

Potensi bencana hidrometeorologi ia gambarkan mulai September-November 2018 terjadi kemarau atau karhutla, November 2018-April 2019 terjadi banjir, longsor, puting beliung, Mei-Juni 2019 berpotensi terjadi puting beliung, Juni-Oktober 2019 berpotensi kekeringan dan karhutla, November-Desember 2019 berpotensi banjir dan longsor.

Sedangkan untuk potensi bencana geologi mulai dari gempa bumi, tsunami, hingga erupsi gunung api bisa terjadi sepanjang tahun.

Dalam unggahannya di akun Twitter yang memiliki 198.000 pengikut itu, Sutopo menuliskan keterangan bahwa ancaman potensi bencana dapat terjadi tiba-tiba.

Timeline hoaks dikataknnya juga dapat berlangsung sepanjang tahun.

Maka pihaknya berpesan agar masyarakat selalu waspada akan hoaks dan bencana.

"Timeline Pemilu 2019 dan timeline potensi bencana yang dapat menyertai selama 2019. Ancaman gempa, tsunami dan erupsi gunungapi dapat berlangsung sepanjang tahun. Dapat terjadi tiba-tiba.

Timeline Hoax pun juga dapat berlangsung sepanjang tahun. Waspadai hoax dan bencana."

 

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas