Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Mengenang Kejayaan Film Hong Kong di Bulan "I Love Hong Kong Movies"

Mari mengenang masa emas film-film Hong Kong di Bulan "I Love Hong Kong Movies"

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Mengenang Kejayaan Film Hong Kong di Bulan
The Police Story
Jackie Chan, aktor legendaris film-film Mandarin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum Korea Selatan dengan Hallyu-nya, ada Jepang dengan Harajuku. Namun jauh sebelum itu, Hong Kong sudah menyihir masyarakat Indonesia dengan film-filmnya.

Film-film Hong Kong memasuki masa kejayaannya di era 1980-1990an. Di era itu pula, lahirlah para bintangnya yang seiring berjalannya waktu mengubah sejarah perfilman Hong Kong. Dari industri film skala lokal ke Hong Kong. Sebut saja nama-nama sukses seperti Jackie Chan, Maggie Cheung, Cho Yun-fat, dan Andy Lau.

Memasuki awal 2000-an, gemerlapnya mulai meredup di Tanah Air seiring invasi Harajuku. Lalu kian tergeser lantaran demam budaya pop Korea.

"Sebetulnya masih banyak penyukanya. Hanya saja, gaungnya kalah terdengar," ungkap Andy Chang, Senior Vice President Marketing Celestial Tiger Entertainment Limeted, operator beberapa stasiun tv yang khusus menayangkan film-film Mandarin dan Hong Kong.

 Untuk menggaungkan dan membangkitkan kembali kejayaan film-film Hong Kong, Celestial Movies, salah satu produk dari  Celestial Tiger Entertainment Limited, mengadakan program "I Love Hong Kong Movies".

Berlangsung sepanjang September 2014, "I Love Hong Kong Movies" akan memanjakan penonton dengan berbagai film-film blockbuster Hong Kong, baik yang teranyar maupun lawas.

BERITA TERKAIT

Bagi generasi 90an, susah rasanya untuk melupakan aksi laga Jackie Chan di film "Police Story" (1985). Di film yang pada perkembangannya beranak menjadi beberapa sekual itu, Jackie memamerkan kepiawaiannya menantang maut. Bukan rahasia bahwa Jackie melalukannya tanpa peran pengganti.

"Di sinilah spesialnya film-film produksi sineas Hong Kong. Tidak ada stuntman atau sentuhan efek visual  untuk menggantikan para aktor saat melakukan adegan berbahaya," ujar Andy.

"Police Story" termasuk dalam deretan film lawas yang tayang setiap Sabtu selama program "I Love Hong Kong Movies". Selain "Police Story", hadir pula "The White Storm Tomorrow", dan "God of Gamblers" yang bakal mengajak penonton bernostalgia ke era kejayaan film Hong Kong. "Police Story" sendiri bakal tayang pada Sabtu, 13 September mendatang, pukul 18.00 WIB.

Di jajaran film terbaru, ada film mega hit "The Monkey King" yang dibintangi tiga aktor besar Hong Kong yaitu Donnie Yen, Chow Yun Fat, dan Aaron Kwok. Tayangan spesial lainnya antara lain "The Fox Lover", "Once Upon a Time in Shanghai", dan "The Constable". Film-film tersebut akan tayang setiap Minggu pukul 20.00 WIB sepanjang program berlangsung.

Sama seperti "Police Story", film Hong Kong produksi terbaru juga masih mempertahankan ciri khasnya, tanpa menggunakan peran pengganti.

Keistimewan ini pulalah yang menjadi alasan aktor dan penyanyi muda Morgan Oey menyebut dirinya sebagai penggemar berat film-film Hong Kong sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.

"Orangtuaku dulu sering banget beli laser disc film-film Hong Kong. Jadi kami selalu nonton bareng-bareng. Aku suka banget yang bergenre aksi karena laganya terlihat lebih nyata dan seru," ujar Morgan yang didapuk sebagai ambassador program  "I Love Hong Kong Movies"

Sebagai bagian dari promo program itu, Morgan akan didandani seperti para aktor kenamaan Hong Kong. Bakal menjadi siapa, mantan personel Sm*sh itu belum mau menyebutkan.

Para penonton Celestial pun diajak untuk mengekspresikan kesukaanya pada film-film Hong Kong  dalam kontes mengunggah foto mereka yang bergaya seperti aktor atau aktris Hong Kong favorit mereka di media sosial.  Dengan membubuhkan #ilovehkmovies #(nama operator tv kabel), penonton berkesempatan meraih hadiah menarik.

Setiap minggunya, Celestial akan membagikan sebuah ponsel bagi penonton dengan foto terunik.

Selain Indonesia, promo serupa juga berlangsung di Malaysia, dua negara yang disebut Andy memiliki audiensi terbesar untuk Celestial. Andy mengatakan jumlah penonton Celestial di Indonesia dan Malaysia selalu mengalami peningkatan setiap bulannya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas