Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Mengenal Aqil, Anak Dengan Disleksia yang Jadi Inspirasi Film Wonderful Life

Gambar karya seorang anak kelas 7 National High Jakarta School, Aqillurachman Prabowo menjadi inspirasi Rio Dewanto dan Angga Sasongko.

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Mengenal Aqil, Anak Dengan Disleksia yang Jadi Inspirasi Film Wonderful Life
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang anak penderita disleksia, Aqil saat menghadiri press screening sekaligus konferensi pers Film Wonderful Life di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2016). Aqil merupakan tokoh asli yang diperankan Sinyo pada film Wonderful Life. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gambar karya seorang anak kelas 7 National High Jakarta School, Aqillurachman Prabowo menjadi inspirasi Rio Dewanto dan Angga Sasongko untuk membuat film.

Rio dan Angga akhirnya mengangkat kisah hidup Aqil yang ditulis dalam novel Wonderful Life, ke dalam film drama dengan judul yang sama.

Aqil memang menonjol di seni rupa. Seringkali gambarnya sarat akan makna. Tapi ternyata, menggambar adalah terapinya untuk Disleksia.

"Menggambar adalah salah satu terapi, untungnya High School tempat Aqil sekolah lebih menonjolkan kepada kemampuan seni Aqil yakni menggambar. Matematika dan Fisika dikesampingkan," ujar Amalia Prabowo, ibunda Aqil saat ditemui di pemutaran film perdana Wonderful Life di XXI Senayan City, Senin (10/10/2016) lalu.

aqil_20161012_110932.jpg
Aqillurachman Prabowo, bocah yang didiagnosa disleksia (gangguan pada kemampuan membaca dan menulis). Kisah hidup Aqil dan ibunya Amalia Prabowo yang berjuang membuktikan Disleksia bukan penyakit tapi orang yang diseleksia bisa berkarya menjadi inspirasi film Wonderful Life yang diperankan Atiqah Hasiholan.

Ya, matematika dan fisika bukan lagi pelajaran utama bagi Aqil sejak didiagnosa Disleksia dari umur 7 tahun.

Disleksia adalah gangguan membaca dan menulis. Tak hanya mengalami gangguan dalam berbahasa, Aqil juga kesulitan menghitung serta mengingat ruang dan waktu.

BERITA TERKAIT

"Disleksia itu ada tiga macam. Ada Diskalkulia, Disgrafia, dan Disleksia. Disleksia gangguan berbahasa. Disgrafia gangguan mengenal lingkungan, dia nggak ngerti arah. Sedangkan Diskalkulia gangguan menghitung. Kebetulan Aqil itu (mengidap) ketiganya," ujar Amalia.

Diseleksia membuat Aqil kesulitan untuk membaca dengan benar, dan hal itu turut berpengaruh kepada kosakata yang diingatnya.

"Kalau baca tulisan 'sendok' dia akan bacanya 'nesdok', dia nggak akan tahu sampai kapanpun bahwa itu sendok," tutur Amalia.

Akhirnya, Disleksia membuat Aqil turut memiliki memiliki kosakata yang berbeda.

"Karena kosakatanya dia kan memang berbeda, dia akan bilang 'umi, guruku yang baru itu panjang banget' padahal maunya tinggi banget. Kemudian 'rumahnya temenku tuh lama', maksudnya jauh. Jadi vocabularynya ada kesalahan kesalahan dalam penggunaannya," jelas Amalia.

Untuk belajar matematika, Aqil membutuhkan pendamping. Sedangkan untuk mengingat arah dan kiri, Amalia memasangkan gelang di tangan kiri Aqil sebagai pertanda.

"Jadi kalau misalnya dibilang 'Aqil belok kiri!' dia akan langsung melihat gelangnya," tutur Amalia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas