Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Alasan Film Kucumbu Tubuh Indahku Terpilih Wakili Indonesia di Ajang Oscar

Film Kucumbu Tubuh Indahku terpilih mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film.

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Willem Jonata
zoom-in Alasan Film Kucumbu Tubuh Indahku Terpilih Wakili Indonesia di Ajang Oscar
Istimewa
Potongan adegan film Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho yang diprotes warga. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Film Kucumbu Tubuh Indahku terpilih mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film.

Film garapan sutradara Garin Nugroho itu dianggap sebagai sebuah karya film yang lengkap.

“Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, namun terdapat ada bahasa batin dan rasa,” kata tambah Christine selaku Ketua Komite Seleksi Film Nasional dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9).

Lebih lanjut, dia mencontohkan bahwa adegan percintaan dalam film ini digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar.

Baca: Film Kucumbu Tubuh Indahku Karya Garin Nugroho Melenggang ke Oscar

Baca: Kesan Menteri Keuangan Sri Mulyani Setelah Nonton Film Bumi Manusia

Baca: Gundala: Bagaimana Joko Anwar mereka ulang jagoan klasik Indonesia

“Tapi justru dengan idiom-idiom dalam budaya kita itu ada penari Lengger. Sekaligus ini perkenalkan kayanya budaya kita. Jadi ini yang kita lihat lengkap di samping pesannya yang kuat bicara tentang kemunafikan."

"Artinya orang yang membuat hukum itu justru melakukan lebih buruk lagi. Dan menganggap dunia ini milik sekelompok kecil saja, dan orang yang dianggap tak bermoral tidak boleh ada,” tambahnya.

Baca: Cikal Bakal Livi Zheng Berkarier sebagai Sutradara di Hollywood, Film Pertamanya Modal Dengkul

BERITA TERKAIT

Film Kucumbu Tubuh Indahku, terpilih dari 42 film yang diseleksi oleh Komite Oscar 2019 atau The Indonesian Academy Awards Selection Commitee (IOSC).

Film yang diseleksi tersebut tayang di bioskop selama rentang waktu 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2019.

Sebelumnya, film Kucumbu Tubuh Indahku bersaing dengan Ave Maryam garapan Robby Ertanto dan 27 Steps of May garapan Ravi Bharwani.

Komite Oscar 2020 atau The Indonesian Academy Awards Selection Commitee (IOSC) bertugas memilih film dari Indonesia yang akan diikutkan dalam ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film.

Ajang tersebut bernama The Oscars Foreign Languange Film.

Sebagai pelaksana, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) ditunjuk oleh panitia Academy Awards untuk Oscar ke-92 untuk kategori International Feature Film sejak 1987.

Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ merupakan film yang dirilis 18 April 2019 lalu. Menceritakan tentang Juno, sebagai penari lengger dan kegelisahan terhadap jati dirinya.

Film yang diproduseri Ifa Ifansyah ini, menyabet gelar juara Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, dan Asia Pasific Screen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas