Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cak Lontong Cerita Masa-masa Sulit Awali Kariernya di Jakarta

Cak Lontong bisa dibilang satu dari sekian banyak komedian sukses. Namun, ia mengawali kariernya dengan susah payah.

Cak Lontong Cerita Masa-masa Sulit Awali Kariernya di Jakarta
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Komedian Lies Hartono atau lebih dikenal Cak Lontong saat ditemui pada acara konferensi pers program baru MNCTV yang bertajuk 'Dewi Dewi Mahadewi The Show' di Studio 3 MNCTV, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (2/2/2016). Cak Lontong ikut menjadi juri bersama Zaskia Gotik dan Windy Idol dalam menentukan kandidat Dewi Dewi Mahadewi. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cak Lontong bisa dibilang satu dari sekian banyak komedian sukses.

Wajahnya sering nongol di layar kaca, entah sebagai talent di program stand up atau membintangi iklan produk komersial.

Namun, ia mengawali kariernya dari nol dengan susah payah. Datang ke Jakarta sebagai perantau untuk menjadi pelawak, Cak Lontong pergi sendiri tanpa ditemani anak dan istrinya.

Berniat mengadu nasib di Jakarta, awal karir Cak Lontong penuh perjuangan. Berhari-hari dirinya harus pergi kesana kemari untuk mencari pekerjaan sebagai pelawak.

Baca: Candaan Cak Lontong di Penutupan Rakernas PDIP, Sindir Banjir, Lem dan Normalisasi

"Kondisi saya saat di Jakarta itu nggak ada saudara nggak ada uang untuk makan. Kalau anak istri tanya lagi apa, saya bilang lagi syuting dan ketemu orang," kata Cak Lontong dalam sebuah seminar online, Jumat (15/5/2020).

Komedian senior Indro Warkop, Pandji Pragiwaksono, dan Cak Lontong hadir pada jumpa pers Stand UP Comedy Indonesia (SUCI) 8 Kompas TV, di Jakarta, Kamis (29/3/2018). SUCI 8 Kompas TV akan tayang pada 31 Maret 2018 diikuti 15 peserta yang berhasil lolos pada babak audisi. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komedian senior Indro Warkop, Pandji Pragiwaksono, dan Cak Lontong hadir pada jumpa pers Stand UP Comedy Indonesia (SUCI) 8 Kompas TV, di Jakarta, Kamis (29/3/2018). SUCI 8 Kompas TV akan tayang pada 31 Maret 2018 diikuti 15 peserta yang berhasil lolos pada babak audisi. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Cak Lontong yang hidup sendiri di Jakarta setiap harinya harus menahan lapar karena uang pas-pasan dan kerjaan pun belum ada. Tak jarang dalam sehari ia hanya mampu makan satu kali.

Didi Kempot Jago Bikin Syair Romantis, Tapi Yan Vellia Menyebutnya Tak Pandai Merayu

"Jadi saya untuk makan susah, tapi terlatih jaga kelaparan. Saya menyiasatinya itu dengan ke toko dekat kontrakan, saya jajan yang manis-manis seperti sepotong kue sama teh botol itu bisa buat seharian," ujarnya.

"Kalau dapat uang pun harus disisaskan untuk makan besok. Bukan berartk makan nasi lauk banyak ya tapi yang sepotong roti itu lagi," katanya.

Komedian Cak Lontong dan Akbar bermain pada teater kebangsaan bertajuk Tripikala Tertawa Bersama Megawati Soekarnoputri di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (23/1/2017). Teater kebangsaan ini digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke 70 tahun. Turut hadir pada acara ini Presiden Jokowi serta sejumlah tokoh politik. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komedian Cak Lontong dan Akbar bermain pada teater kebangsaan bertajuk Tripikala Tertawa Bersama Megawati Soekarnoputri di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (23/1/2017). Teater kebangsaan ini digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke 70 tahun. Turut hadir pada acara ini Presiden Jokowi serta sejumlah tokoh politik. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Sebagai anak yang hanya memiliki seorang ayah saat itu, ia ingin tetap bisa menyisihkan sebagian rejekinya untuk dikirim ke kampung.

Dan siapa sangka, baktinya kepada orangtua itu lah yang dirasakan Cak Lontong mampu membukakan pintu rejeki baginya yang kala itu kesulitan mencari pekerjaan.

"Dalam kondisi seperti ini kan saya cuma ada bapak, dia kan taunya anaknya itu pelawak di tv. Jadinya rejeki berapapun yang kita punya, kalau kita sisihkan kita berikan ke orangtua, meskipun kita gatau besok makan apa, kalau itu dikakukan pasti ada gantiny," beber Cak Lontong.

"Jadi kalau kita ngirim ke bapak berapapun, terus setelah itu ada job," ungkapnya.

Kini Cak Lontong terkenal sebagai komedian yang pandai memainkan kata-kata. Permainan katanya kerap mebuat penonton maumpun artis lain tertawa.

Penulis: bayu indra permana
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas