Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Besarnya Dampak Covid-19 Terhadap Industri Perfilman: Kru Film Memilih Bertani Hingga Bisnis Kuliner

Jika pun bioskop dibuka, maka jumlah kursi mungkin akan lebih sedikit dari biasanya, karena harus ada jarak untuk menghindari penularan virus corona.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Besarnya Dampak Covid-19 Terhadap Industri Perfilman: Kru Film Memilih Bertani Hingga Bisnis Kuliner
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Produser, sutradara, dan penulis naskah Andibachtiar Yusuf saat wawancara khusus dengan Tribunnews, di Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Wawancara Andibachtiar dengan tribunnews terkait perkembangan pelaku industri perfilman Indonesia di tengah pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sutradara Love for Sale, Andibachtiar Yusuf cerita bagaimana corona atau Covid-19 berdampak pada industri perfilman. Dari level produser, sutradara, artis peran, hingga krew film.

"Ada krew yang sekarang memilih bertani," ujar Yusuf saat ditemui Tribun Network di studio miliknya di Jakarta Selatan, Sabtu (13/6/2020).

Bioskop-bioskop tutup selama pandemi. Film-film batal tayang. Semua proses produksi film, misal syuting diundur.

Jika pun bioskop dibuka, maka jumlah kursi mungkin akan lebih sedikit dari biasanya, karena harus ada jarak untuk menghindari penularan virus corona.

Dampak corona terhadap industri perfilman tidak boleh dipandang sebelah mata.

Banyak pihak yang bergantung pada industri tersebut.

Produser, sutradara, dan penulis naskah Andibachtiar Yusuf saat wawancara khusus dengan Tribunnews, di Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Wawancara Andibachtiar dengan tribunnews terkait perkembangan pelaku industri perfilman Indonesia di tengah pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Produser, sutradara, dan penulis naskah Andibachtiar Yusuf saat wawancara khusus dengan Tribunnews, di Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Wawancara Andibachtiar dengan tribunnews terkait perkembangan pelaku industri perfilman Indonesia di tengah pandemi Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Andibachtiar Yusuf bercerita bagaimana corona berdampak pada proyeknya tahun ini. Sejumlah film yang tengah digarap terpaksa mundur.

BERITA TERKAIT

Bahkan, kaya Yusuf, di kalangannya mulai ada yang coba merintis ke sektor usaha lain, seperti makanan.

Yusuf juga bercerita pesan yang ingin disampaikan lewat karya-karyanya.

Berikut petikan wawancara bersama Andibachtiar Yusuf:

Bagaimana corona berdampak pada industri perfilman?

Kalau ikut aturan, syuting memang belum. Tapi kalau pada kenyataan ya syuting, tapi kayak tv, syuting-syuting studio. Karena teorinya memang begitu kan, sesuai protokol kesehatan.

Baca: BREAKING NEWS: Seekor Harimau Masuk Perangkap BKSDA di Solok Sumbar

Aktivitas Anda selama pandemi corona?

Nonton Netflix ha-ha. Masih beresin script, sama visinema kita mau produksi sesuatu. Bagaimana kalau mundur Agustus saja, saya bilang gitu. Mau bikin spin off Love for Sale. Ceritanya si Arini itu. Kemudian si Della (Dartyan) katanya syuting Agustus.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas