Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Sapardi Djoko Damono Sudah Lama Minta Keluarga Siapkan Tempat Pemakaman

Sapardi Djoko Damono yang meninggal dunia pada Minggu padi sekira pukul 09.17 WIB, rupanya sudah mempersiapkan makam tempat peristirahatan terakhir.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Sapardi Djoko Damono Sudah Lama Minta Keluarga Siapkan Tempat Pemakaman
TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA
Bawuk putri bungsu Sapardi Djoko Damono ditemui usai mengantar kepergian ayahnya di TPU Giritama, Giri Tonjong Bogor, Minggu (19/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Sastrawan Sapardi Djoko Damono yang meninggal dunia pada Minggu padi sekira pukul 09.17 WIB, rupanya sudah mempersiapkan dimana dirinya akan beristirahat untuk selamanya.

Dikatakan putri bungsunya, Bawuk. Sapardi sudah memesan untuk disiapkan kuburan di TPU Giritama, Bogor.

Bawuk menilai ayahnya itu sudah menyadari usianya yang semakin tua dan sudah mempersiapkan hari-hari terakhirnya.

"Pesen bapak sih (dimakamkan di TPU Giritama). Saya nggak tahu bisa cerita seberapa banyak mungkin namanya udah tua ya, udah ada beberapa persiapan di sini," kata Bawuk di TPU Giritama, Giri Tonjong Bogor, Minggu (19/7/2020)

Ketika kemarin masuk ke Eka Hospital itu udah ada persiapan. Sambil berharap ya bersiap. Kalau persiapan yang macam-macem baru sejak dirawat sih," terangnya.

Bawuk mengatakan tak ada firasat apapun pada dirinya tentang kepergian sang ayah.

BERITA TERKAIT

Ia hanya melihat sang ayah sudah siap untuk pergi di saat-saat terakhirnya.

Bawuk putri bungsu Sapardi Djoko Damono ditemui usai mengantar kepergian ayahnya  di TPU Giritama, Giri Tonjong Bogor, Minggu (19/7/2020).
Bawuk putri bungsu Sapardi Djoko Damono ditemui usai mengantar kepergian ayahnya di TPU Giritama, Giri Tonjong Bogor, Minggu (19/7/2020). (TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA)

"Firasat ada-ada nggak sih, ya seperti itulah seperti normalnya orang sedang menghadapi...," kata Bawuk yang sempat terhenti ucapannya karena menahan air mata.

"Yaa selayaknya orangtua," lanjutnya.

Sapardi Djoko Damono dimakamkan di TPU Giritama, Giri Tonjong Bogor pada Minggu (19/7/2020) sore sekira pukul 16.15 WIB.

Prosesi pemakaman Sapardi berlangsung khidmat karena tak banyak pelayat yang hadir.

Hanya terlihat keluarga dan sahabat dekat yang mengantarkan sastrawan kenamaan Indonesia itu ke peristirahatan terakhirnya.

Bawuk putri bungsu Sapardi Djoko Damono memegan foto besar almarhum ayahnya di depan jenazah sang ayah di TPU Giritama, Giti Tonjong, Bogor Jawa Barat, Minggi (19/7/2020).
Bawuk putri bungsu Sapardi Djoko Damono memegan foto besar almarhum ayahnya di depan jenazah sang ayah di TPU Giritama, Giti Tonjong, Bogor Jawa Barat, Minggi (19/7/2020). (TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA)

Permintaan Terakhir, Hanya Ingin Sarapan Teh

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas