Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Telisik Kasus Vlog Anji dan Hadi Pranoto, Polda Metro Bakal Panggil Saksi Ahli dari Kemristekdikti

Polda Metro Jaya bberencana untuk kembali memanggil sejumlah saksi ahli alam dugaan penyebaran berita bohong alias hoax terkait penemuan obat Covid-19

Telisik Kasus Vlog Anji dan Hadi Pranoto, Polda Metro Bakal Panggil Saksi Ahli dari Kemristekdikti
Warta Kota/Nur Ichsan
Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji (tengah) memenuhi panggilan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus konten video temuan obat Covid-19 yang diklaim oleh Hadi Pranoto, yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan keresahan di masyarakat, di Jakarta Selatan, Senin (10/8/2020). Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan oleh Cyber Indonesia dengan sangkaan Pasal 28 juncto Pasal 45A UU ITE. Warta Kota/Nur Ichsan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya berencana untuk kembali memanggil sejumlah saksi ahli dalam dugaan penyebaran berita bohong alias hoax terkait penemuan obat Covid-19 di kanal YouTube Dunia Manji.

Yusri mengatakan penyidik telah berencana akan memanggil saksi ahli dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk dimintai keterangan terkait perkara tersebut.

"Kalau tidak salah ada dari menristek kita panggil kesini. Kita tunggu saja beberapa sudah dilakukan pemeriksaan," kata Yusri saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Tak hanya itu, pihaknya juga memeriksa saksi ahli di bidang sosial, hukum hingga praktisi IT.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui konten yang disebarkan musisi Anji dan Hadi Pranoto termasuk hoax atau tidak.

"Juga ada beberapa saksi-saksi dari masyarakat. Kita menunggu hasilnya seperti apa, nanti kita akan sampaikan," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, perkara dugaan penyebaran berita bohong dalam konten Youtube Erdian Aji Prihartanto bersama dengan Hadi Pranoto mengenai penemuan obat Covid-19 berbuntut panjang. Status perkara itu kini telah naik penyidikan.

Baca: Pengakuan Anji Tentang Sosok Hadi Pranoto, Tak Kenal Personal Langsung Wawancara Obat Covid-19

Baca: Diperiksa Polisi Dari Pagi Hingga Malam, Anji : Lumayan Bikin Saya Pegal

Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab Anji didampingi pengacaranya tiba di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Senin (10/8/2020). Anji diperiksa Ditreskrimsus terkait pelaporan Muanas Alaidid tas dugaan penyebaran berita bohong. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab Anji didampingi pengacaranya tiba di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Senin (10/8/2020). Anji diperiksa Ditreskrimsus terkait pelaporan Muanas Alaidid tas dugaan penyebaran berita bohong. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Anji Tak Menyangka Dampak Videonya Sampai Terseret ke Masalah Hukum
Diketahui, Anji pun telah memenuhi pemanggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Senin (10/8/2020). Dalam pemeriksaanya ini, Anji dicecar sebanyak 45 pertanyaan oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Anji mengaku tidak menyangka kontennya bersama Hadi Pranoto di YouTubenya bisa berdampak besar dan berimplikasi hukum. Padahal mulanya, ia mengaku konten tersebut dimaksudkan bertujuan baik.

"Saya tidak menyangka sih bahwa impactnya ternyata seperti ini. Ya sudah saya hadapi saja," kata Anji di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas