Tribun Seleb

Jerinx SID Jadi Tersangka

Jerinx SID Ditahan, Togar Situmorang: Jadi Pelajaran Warga Agar Bijaksana Bermedia Sosial

Jerinx, penggebuk drum Superman Is Dead, resmi ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik. Ia juga ditahan di Polda Bali.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Jerinx SID Ditahan, Togar Situmorang: Jadi Pelajaran Warga Agar Bijaksana Bermedia Sosial
IST/KOMPAS.COM
Jerinx saat dibawa ke Rutan Polda Bali untuk ditahan, Rabu 13 Agustus 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - I Gede Ari Astina alias Jerinx, penggebuk drum Superman Is Dead, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Bali, Rabu (12/8/2020) kemarin.

Ia jadi tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui akun Instagramnya @jrxsid pada tanggal 13 Juli lalu yang mengatakan bahwa IDI merupakan kacung dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Tidak terima dengan pernyataan tersebut, IDI pun langsung melaporkan Jerinx ke polisi.

Baca: Jerinx SID Ditahan, Nora Alexandra Ungkap Ketakutan Suaminya Itu

Jerinx dikenakan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) dan/atau Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP, sesuai dengan Laporan Polisi No. LP/263/VI/2020/Bali/SPKT, tanggal 16 Juni 2020.

Terkait penahanan Jerinx, Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH,MH,MAP menilai atas penahanan dan dinaikkannya status tersangka untuk Jerinx merupakan kewenangan pihak kepolisian yakni Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali.

"Penahanan itu merupakan kewenangan dari penyidik dengan pertimbangan mungkin takutnya perbuatan tersebut diulang kembali, menghilangkan barang bukti maupun melarikan diri,” ungkap Togar Situmorang dalam keterangan pers, Kamis (13/8/2020).

Jerinx SID di Rutan Polda Bali, Denpasar, Bali, Rabu (12/8/2020)
Jerinx SID di Rutan Polda Bali, Denpasar, Bali, Rabu (12/8/2020) (I Wayan Erwin Widyaswara/Tribun Bali)

"Penyidik menahan Jerinx 20 hari ke depan dirutan Polda Bali dan tenu pihak kuasa hukum pasti akan melakukan tindakan yang terbaik untuk kliennya dalam membela proses hukum tersebut," katanya.

Advokat yang masuk ke dalam Tim 9 Investigasi Komnaspan menghimbau kepada masyarakat dengan adanya kasusnya Jerinx di Bali terkait Undang-Undang ITE diharapkan masyarakat dalam menggunakan media sosial dengan baik dan bijak.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas