Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wawancara khusus dengan Once Mekel: Job Musik Sepi, Banting Stir Buka Kedai

Penyanyi Elfonde Mekel atau akrab disapa Once menyiasati pembatasan aktivitas di tengah pandemi Covid-19 dengan menggeluti usaha kuliner.

Wawancara khusus dengan Once Mekel: Job Musik Sepi, Banting Stir Buka Kedai
Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi Elfonde Mekel atau akrab disapa Once menyiasati pembatasan aktivitas di tengah pandemi Covid-19. Banyak hal dilakukannya mulai dari berpartisipasi di kegiatan amal hingga menggeluti usaha kuliner.

Sepanjang 2020 industri musik secara global mengalami kerugian Rp 434,6 triliun (data Pollstar).

Kerugian terutama lantaran pembatalan konser dan live music. Musisi dan praktisi lokal hampir tidak dapat beradaptasi karena banyak faktor, dari kurangnya pendapatan, teknis, dan peluang.

Hal tersebut dibenarkan ole Once. Eks vokalis Dewa 19 ini mengatakan industri musik sangat terdampak pandemi Covid-19. Banyak musisi yang kehilangan sumber pendapatan.

Terutama musisi reguler di kafe-kafe."Karena tidak ada lagi kesempatan untuk mereka tampil. Namun teman-teman artis yang di panggung-panggung besar itu pun terdampak," ujar Once.

Disampaikan Once saat berbincang bersama Manager Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat di Studio Once, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021).

Hampir seluruh bagian musik terdampak. Menimbulkan efek domino akibat pandemi Covid-19. Dari kru, musisi itu sendiri, hingga bisnis terkait musik. Menurut Once, pendapatan digital para musisi pun ikut berkurang.

Baca juga: Once Mekel Tolak Wacana Presiden 3 Periode dan Siap Turun ke Jalan, Itu Tidak Lucu!

"Karena seorang artis itu manggung dampak positifnya terhadap lagu-lagu di platform digital. Tapi tidak ada panggung, tidak ada reaction atau transaksi digital," kata pria berusia 51 tahun tersebut.

Baca juga: Once Mekel Sebut Pandemi Covid-19 Momen Musisi Muda Berlatih dan Berkarya di Rumah Saja

Karenanya para musisi mulai menyiasati kehilangan pendapatan dari manggung. Once bercerita sejumlah musisi yang memiliki tabungan mulai berwiraswasta, termasuk dirinya.

Once bersama Ridho Slank membuka kedai makanan di ruang publik M Bloc Space.

Baca juga: Once Mekel Rasakan Pentingnya Berwiraswasta, Bisa Isi Dompet Saat Job Musik Sepi karena Pandemi

Halaman
1234
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas