Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Addie MS Sedih Lihat Banyak Musisi Gantungkan Alat Musik, Cari Pekerjaan Lain Saat Pandemi Covid-19

Komposer Addie Muljadi Sumaatmadja atau yang lebih dikenal dengan Addie MS berpendapat soal nasib musisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Addie MS Sedih Lihat Banyak Musisi Gantungkan Alat Musik, Cari Pekerjaan Lain Saat Pandemi Covid-19
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Addie MS Sedih Lihat Banyak Musisi Gantungkan Alat Musik, Cari Pekerjaan Lain Saat Pandemi Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komposer Addie Muljadi Sumaatmadja atau yang lebih dikenal dengan Addie MS berpendapat soal nasib musisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Pekerjaan musisi baik di atas panggung maupun di belakang panggung sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 yang telah satu setengah tahun menyelimuti Indonesia.

Namun tak semua bisa berjuang melewati masa-masa sulit ini.

Baca juga: Ini 9 Twit Addie MS untuk Menjawab Pertanyaan Warganet Soal Kemungkinan Dia Jadi Komisaris

Baca juga: Viral Cerita Warganet Turunkan Masker di Dalam Mobil Kena Sanksi, Addie MS Angkat Bicara

"Jadi yang dibelakang layar ini alhamdulillah masih bisa beraktivitas meskipun ada yang berkurang ataupun bertambah," ucap Addie MS saat wawancara ekslusif dengan Tribunnews, Senin (5/7/2021).

Di balik semua itu, ia merasa sedih dan prihatin atas nabis para penampil seperti orkestra yang harus memikirkan hidupnya ditengah pandemi Covid-19.

Konduktor Addie MS memimpin konser Twilite Orchestra yang bertajuk Symphony Under The Stars: Movie Fest II di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019). Konser orkestra outdoor yang dipersembahkan oleh Lippo Mall Kemang dan Twilite Orchestra tersebut membawakan 13 Soundtrack Film Hits dengan dukungan penyanyi senior Rita Effendy. TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS
Konduktor Addie MS memimpin konser Twilite Orchestra yang bertajuk Symphony Under The Stars: Movie Fest II di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019). Konser orkestra outdoor yang dipersembahkan oleh Lippo Mall Kemang dan Twilite Orchestra tersebut membawakan 13 Soundtrack Film Hits dengan dukungan penyanyi senior Rita Effendy. TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS (TRIBUN/IQBAL FIRDAUS)

Hal itu juga terjadi akibat kurangnya intelektual dalam mengatur keungan untuk bisa terus bertahan di era pandemi Covid-19 ini.

"Tapi yang jelas, yang di panggung mau itu pemain orkes atau pianis, itu sangat memprihatinkan, aku sedih dan selalu memikirkan mereka, banyak polanya hidup untuk hari ini atau sebulan ini," ungkapnya.

"Jadi jarang yang mengelola keungannya dengan seddemikian mungkin dengan bertahan 1 tahun ke depan atau plan kedepannya, sedih memang," imbuhnya.

Banyak juga para musisi yang menyerah dan menyebut jika profesi musisi ke depan sudah tidak lagi relevan, karena tidak ada yang tau kapan pandemi Covid-19 berakhir.

Akibatnya tak sedikit musisi yang gantung alat musiknya dan mencari pekerjaan lain untuk terus bisa mengasapi dapur mereka.

"Karena gada relevan lagi akhirnya banyak dari mereka gantung biola ganti pekerjaan lain sedih banget, padahak untuk bisa kelevel itu mengorbankan waktu," ungkapnya.

Meskipun ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19, ayah dari Kevin Aprilio ini akan terus berjuang dan menjaga api semangat untuk terus berkreativitas serta membantu para musisi yang terdampak pandemi.

"Kalau satmya satu harus survive untuk menafkahi itu pasti, tapi juga harus menyalakan api kreativitas dan terus dijaga," ujarnya.

"Dan memikirkan bagaimana membantu mereka (musisi) yang tidak bisa bergerak karena pandemi," sambungnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas