Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Duo Farid Jelajahi Gedung Stovia, Kini Jadi Museum Kebangkitan Nasional

Duo Farid, host dari Podcast Jajan Sejarah, kembali mengajak para pendengarnya berkuliner sembari berlajar sejarah.

Duo Farid Jelajahi Gedung Stovia, Kini Jadi Museum Kebangkitan Nasional
/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
MUSEUM KEBANGKITAN NASIONAL GEDUNG STOVIA - Dulu namanya Gedung STOVIA kini di kenal dengan nama 'Museum Kebangkitan Nasional' merupakan Museum Sejarah. Dengan berbagai koleksinya yang berkaitan dengan Sejarah Masa ? masa Kebangkitan Nasional 1908. Letaknya di Jalan Abdurahman Saleh No : 26 Jakarta Pusat. Berbagai koleksi benda bersejarah berupa Foto masa lalu Gedung, aktifitas para Pelajar STOVIA, Replika, Lukisan Perjuangan, Diorama Perjuangan Para Tokoh Pemuda Pergerakan, Patung, Senjata dsb. Yang berkaitan erat dengan era masa Perjuangan Bangsa. Museum ini buka setiap harinya mulai Hari Selasa ? Kamis pukul 08.30 ? 15.00 Wib. Jumat 08.30 ? 11.30 Wib. Sabtu ? Minggu pukul 08.30 ? 14.00 Wib. Dengan Harga Tiket yang relatif terjangkau bagi khalayak Umum, Pelajar dan Mahasiswa. Museum ini dapat di jadikan sebagai sarana Wisata Sejarah sekaligus Pengembangan Wawasan Kebangsaan serta Penumbuh Semangat Cinta Tanah Air. (DOK, TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Duo Farid, host dari Podcast Jajan Sejarah, kembali mengajak para pendengarnya berkuliner sembari berlajar sejarah.

Pada episode terbaru kali ini dua cowok pecinta berkunjung ke Gedung Stovia, yang kini telah menjadi Museum Kebangkitan Nasional.

Sekolah kedokteran di Indonesia kini memang sudah banyak tersebar di berbagai daerah.

Baca juga: Sejarah dan Ucapan Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli

Tapi jauh sebelum itu, cikal bakal sekolah dokter di tanah air berawal dari sini, Stovia (School tot Opleiding van Indische Artsen) yang berada di daerah Senen. 

Gedung yang sampai sekarang masih berdiri kokoh sebagai Museum Kebangkitan Nasional pun menjadi saksi berbagai fase perjuangan kemerdekaan.

Podcast Jajan Sejarah 98
Podcast Jajan Sejarah hadir dengan episode Gedung Stovia yang Kini Museum Kebangkitan Nasional tayang eksklusif di platform RCTI+.

Saat pertama kali dibangun, gedung Stovia memang dibuat untuk menjadi sekolah kedokteran bagi pribumi. Tapi di tempat itu pula tempatnya di ruang anatomi, organisasi pergerakan Budi Utom lahir. 

"Jadi di tahun 1908 tanggal 20 Mei, di situlah mahasiswa-mahasiswa kumpul, terus akhirnya mencetuskan Budi Utomo," ucap Farid dalam Podcast tersebut.

"Waktu Jepang masuk sekitar tahun ‘42 sampai dengan 12 tahun kedepannya, gedung ini difungsikan sebagai kamar tahanan pasukan Belanda yang melawan Jepang," lanjut Farid. 

Kemudian gedung ini juga dipakai untuk tempat tinggalnya keluarga Belanda dan keluarga asal Indonesia Timur. 

Dengarkan selengkapnya di Podcast Jajan Sejarah yang tayang eksklusif di platfotm RCTI+.

Penulis: bayu indra permana
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas