Tribun Seleb

Mural Anak Bangsa Tembus Batas Benua, Tuyuloveme Cerita Karya-karyanya di Eropa hingga Amerika

Karya seni graffiti dan mural bisa dibilang Indonesia adalah gudangnya seniman berbakat. Salah satu yang menggelutinya, yakni Tuyuloveme.

Penulis: Mohammad Alivio Mubarak Junior
Editor: Willem Jonata
Mural Anak Bangsa Tembus Batas Benua, Tuyuloveme Cerita Karya-karyanya di Eropa hingga Amerika
Tribunnews.com/ Alivio
Contoh Karya Mural Anak Bangsa Milik Tuyuloveme yang Menghiasi Beberapa Negara di Dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karya seni lukis khususnya graffiti dan mural bisa dibilang Indonesia adalah gudangnya seniman berbakat.

Contohnya pemural asal Indonesia, Tuyuloveme, yang memulai praktek seninya di jalanan kota-kota di Indonesia, kini karyanya dapat ditemukan di dinding dan sudut jalan kota-kota besar di Asia, bahkan di belahan dunia lainnya, yakni Eropa, Australia, dan Amerika. 

"Lukisan yang saya hadirkan mewakili alter-ego yang sangat kontras dengan kepribadian saya dalam kehidupan nyata, semua karya yang dihasilkan adalah inspirasi dari potret orang-orang yang saya temui dan hasil berkolaborasi dengan seniman lainnya,” kata Tuyuloveme kepada awak media, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Apa Itu Mural? Ini Pengertian, Sejarah dan Perbedaannya dengan Graffiti

Mural karya Tuyuloveme yang unik ini hadir dari pengalaman pribadinya selama lebih dari 10 tahun dengan bertemu dan berbagi pengalaman dengan orang-orang yang dijumpainya dan menginspirasi setiap perjalanan yang ia lalui.

Perjalanan Tuyuloveme dalam seni mural telah dimulai dari tahun 2006, dimulai dari kegemarannya dalam menggambar dan mencoret-coret di mana saja secara otodidak.

Mural 04590
Contoh Karya Mural Anak Bangsa Milik Tuyuloveme yang Menghiasi Beberapa Negara di Dunia.

Ia melihat dunia mural dapat menyalurkan kegemaran dan memberikan sebuah kepuasaan tersendiri, bahkan ia merasa tertantang apabila melihat sebuah bidang kosong yang terdapat di kota yang ia tinggal,  tidak diisi dengan karyanya.

Perlahan pasti dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ciri khasnya dalam berkreasi, pada 2009, Tuyuloveme berhasil menciptakan karakter ikonik yang menjadi ciri khasnya dan menamakannya dengan panggilannya jaman ia sekolah dulu, yakni Tuyul.

Tuyul merupakan karakter imajinasi yang mempunyai mata besar dengan tangan besar yang memegang dunia karya seni. 

Baca juga: Rizal Ramli: Mural Bagian dari Ekspresi Kegelisahan Rakyat yang Harus Direspon Pemerintah

Karakter yang diciptakannya merupakan representasi dirinya sendiri dalam memaknai hidupnya, yang ingin melihat dunia dengan mata besar dan dapat menggapai tiap sudut dunia seni rupa dengan tangannya sendiri.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas