Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Diabetes Hingga Dehidrasi jadi Penyakit Terbanyak yang Diderita Jemaah Haji

Sebanyak 13 jemaah haji Indonesia yang ada di Madinah dirawat inap di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Diabetes Hingga Dehidrasi jadi Penyakit Terbanyak yang Diderita Jemaah Haji
TRIBUNNEWS.COM/HUSEIN SANUSI
Persiapan tim kesehatan tampak sangat serius saat dikunjungi di Kantor Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah, 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 13 jemaah haji Indonesia yang ada di Madinah dirawat inap di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Jumlah itu terdiri atas tujuh jemaah laki-laki dan enam jemaah perempuan.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Jalani Umrah Wajib di Masjidil Haram

"Totalnya ada 13 pasien jemaah. Yang di RS Arab Saudi ada tiga jemaah. Tapi sudah keluar atau sudah pulang semua," kata Kepala Tim KKHI Madinah dr Enny Nuryanti melalui keterangan tertulis, Senin (13/6/2022).

Adapun total kunjungan sejak kedatangan jemaah di Madinah sebanyak 55 kunjungan.

PELEPASAN JEMAAH HAJI -  Pj Gubernur Banten, Al Muktabar didampingi Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin serta forkopimda melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama Provinsi Banten asal Kota Tangerang di areal Masjid Raya Al Azhom, Sabtu (4/6/2022). Dari kuota 878 orang, sebanyak 393 orang jamaah ini diantar untuk menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede dan selanjutnya diterbangkan ke tanah suci Mekkah, melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 5 Juni dan akan kembali pulang ke tanah air pada 16 Juni mendatang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PELEPASAN JEMAAH HAJI - Pj Gubernur Banten, Al Muktabar didampingi Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin serta forkopimda melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama Provinsi Banten asal Kota Tangerang di areal Masjid Raya Al Azhom, Sabtu (4/6/2022). Dari kuota 878 orang, sebanyak 393 orang jamaah ini diantar untuk menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede dan selanjutnya diterbangkan ke tanah suci Mekkah, melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 5 Juni dan akan kembali pulang ke tanah air pada 16 Juni mendatang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Meski begitu, seluruhnya mengalami penyakit ringan dan kondisinya tidak parah.

"Penyakit terbanyak adalah Cellulitis, Dehidrasi, Diabetes Mellitus, Hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jemaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih," kata Enny.

Baca juga: Kabar Haji, 13 Orang Sakit, 2 Meninggal, Jemaah Diminta Perhatikan Suhu Panas di Tanah Suci

BERITA TERKAIT

Enny berharap tidak banyak jemaah yang sakit. Bahkan semua jemaah harus sehat tidak ada yang sakit. Harus tetap menjaga kesehatan.

"Semoga tidak ada yang sakit. Itu dia dan harapan saya. Lancar dalam menjalankan ibadah haji," kata Enny.

Seperti diketahui, saat ini cuaca di Madinah, rata-rata mencapai 43-46 derajat celsius.

Jemaah yang tidak berkepentingan atau tidak akan melaksanakan ibadah disarankan untuk berada di pemondokan atau hotel. Jika harus banyak beraktivitas di luar hotel, tetap membawa air minum.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas