Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Kinan Namara hingga Mirabeth Sonia Mulai Jalani Latihan Jelang Pagelaran Sabang Merauke

Kikan Namara dan para penampil dalam Pagelaran Sabang Merauke sudah mulai melakukan latihan secara terpisah.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kinan Namara hingga Mirabeth Sonia Mulai Jalani Latihan Jelang Pagelaran Sabang Merauke
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana
Kikan Namara dan para penampil dalam Pagelaran Sabang Merauke sudah mulai melakukan latihan secara terpisah. Foto para penyanyi saat latihan untuk Pagelaran Sabang Merauke di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (4/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kikan Namara dan para penampil dalam Pagelaran Sabang Merauke sudah mulai melakukan latihan secara terpisah.

Musisi muda Swain Mahisa ikut terlibat dalam pagelaran tersebut untuk menjadi penyanyi bersama Kikan.

Ia dan beberapa penyanyi lain seperti Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan mulai berlatih membawakan lagu-lagu daerah.

Swain akan melantunkan empat lagu, yakni Sipatokaan, Rasa Sayange, Yamko Rambe Yamko, dan Tanah Airku.

Baca juga: Kembali Terlibat Pagelaran Sabang-Merauke, Kikan Namara Kali Ini Riset Lebih Dalam

"Ini adalah pengalaman pertama saya tampil dengan 144 lebih penari dan yang menjadi tantangan nanti bagaimana saya dan para pelaku seni lainnya bisa tampil dengan satu kesatuan, musik dan tari-tarian," kata Swain di sela-sela latihan di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (4/11/2022).

"Tidak mudah untuk menciptakan pertunjukan yang begitu kolosal. Pagelaran Sabang Merauke ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan," lanjut Swain.

BERITA TERKAIT

Ratusan seniman dan puluhan musisi sudah mulai menjalani latihan jelang pementasan Pagelaran Sabang Merauke yang akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Sabtu-Minggu, 12-13 November 2022.

Di Yogyakarta sekiranya 144 penari profesional berlatih puluhan tarian daerah dan kontemporer.

Ratusan penari ini berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali hingga Papua.

Sandhidea Cahyo Narpati selaku koregorafer Pagelaran Sabang Merauke, menuturkan, keterlibatan para penari daerah menjadi elemen penting guna menyajikan pertunjukan spektakuler di atas panggung.

"Karena masyarakat sudah tahu seperti apa pementasan Pagelaran Sabang Merauke melalui dua pertunjukan sebelumnya, otomatis kami akan memberikan penampilan yang berbeda kali ini," beber Sandhidea.

"Kehadiran para penari daerah menjadi penting karena kita bisa sama-sama menggali lebih dalam kekentalan koreografi dan unsur-unsur ikonik di daerah tersebut yang bisa ditonjolkan lebih kuat lagi saat pementasan di Ciputra Artpreneur mendatang," terangnya.

Baca juga: Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Bangun Pemuda Pemudi, dan Dari Sabang Sampai Merauke

Penampilan Batavia Madrigal Singers, juara European Grand Prix for Choral Singing 2022 ini akan menjadi hal baru dibanding dua gelaran sebelumnya.

Aksa Syadri, Koordinator Batavia Madrigal Singers menuturkan, ketertarikan kelompok paduan suara tersebut terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke ini tak lepas dari besarnya nilai-nilai kebangsaan yang tersaji dalam pementasan ini.

"Kalau dilihat dari dua pertunjukan sebelumnya, konsep Pagelaran Sabang Merauke ini sangat menarik karena memadukan lagu daerah dari Sabang sampai Merauke lengkap dengan tari-tariannya menjadi sebuah kesatuan dan merepresentasikan nilai-nilai kebinekaan bangsa. Kami bersyukur punya kesempatan ikut tampil dalam pementasan yang bagus ini," ungkap Aksa.

Beberapa lagu daerah yang akan diperkuat dengan kemegahan suara Batavia Madrigal Singers di antaranya ialah Sik-Sik Sibatumanikam (Sumatera Utara), Gendhing Sriwijaya (Sumatera Selatan), Ondel-Ondel (Jakarta), Janger (Bali), Sipatokaan (Sulawesi Utara), dan Yamko Rambe Yamko (Papua).

Rencananya Pagelaran Sabang Merauke akan diselenggarakan sebanyak empat kali pementasan selama dua hari di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas