Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Demam dan Cairan di Kepala Numpuk, Indra Bekti Jalani Operasi Ventriculoperitoneal Shunt

Setelah 20 hari menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Indra Bekti kembali menjalani tindakan besar atas sakit pecah pembuluh darah di kepalanya

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Demam dan Cairan di Kepala Numpuk, Indra Bekti Jalani Operasi Ventriculoperitoneal Shunt
Kolase Tribunnews.com/ Instagram @dhila_bekti
Momen Indra Bekti mencoba menebak warna baju kedua anaknya saat menjalani perawatan di rumah sakit. 

Laporan Reporter Warta Kota, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah 20 hari menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Indra Bekti kembali menjalani tindakan besar atas sakit pecah pembuluh darah di bagian kepala.

Indra Bekti menjalani tindakan bedah ketiga kalinya, yakni melakukan operasi pemasangan selang atau Ventriculoperitoneal shunt (VP shunt), Selasa (17/1/2023).

Cipta, adik Indra Bekti mengungkapkan tindakan pemasangan selang dalam tubuh kakanya, karena merasa pusing akibat cairan di kepala.

"Kemarin itu memang akhirnya dipasang selang karena ada cairan yang di kepalanya itu tidak bisa terserap dengan baik oleh otaknya. Jadi itu harus dibuang," kata Cipta ketika dihubungi awak media, Rabu (18/1/2023).

Cipta menyebut sebelum dilakukan tindakan operasi pemasangan selang, Indra Bekti sempat merasa demam dan pusing, serta cairan di kepala terus bertambah.

"Sebenarnya keluarga sudah memprediksi cairan di kepala akan terus bertambah cuma harapannya jangan sampai dipasang selang," ucapnya.

BERITA TERKAIT

"Tapi, setelah melihat kondisinya kemarin itu ada demam. Kemudian cairannya juga mulai banyak, ya akhirnya dilakukan lagi operasi yang ketiga," sambungnya.

Cipta menjelaskan, operasi Ventriculoperitoneal shunt (VP Shunt) adalah sebuah pemasangan selang, yang berfungsi mengalirkan cairan otak yang menumpuk.

Baca juga: Meski Biaya Pengobatan Besar, Keluarga Pastikan Indra Bekti Tak Sampai Jual Aset

"Kayaknya (selang) itu akan akan permanen, karena memang selangnya sendiri itu adanya di dalam badan. Selangnya kecil, jadi ketika ada cairan otak, akan langsung dibuang ke saluran pencernaan gitu," jelasnya.

Setelah menjalani operasi Ventriculoperitoneal shunt (VP Shunt), Cipta bersyukur kondisi Indra Bekti semakin membaik.

"Sekarang kondisinya alhamdulillah baik. Komunikasinya juga oke. Tadi sempet fisioterapi juga. Doakan aja lima hari lagi pulang," ujar Cipta.

Baca juga: Kondisi Indra Bekti sebelum Pecah Pembuluh Darah, Indy Barends: Sering Pusing dan Mudah Tidur

Cipta mengatakan, kondisi kesehatan sang kaka berangsur membaik usai mengalami pendarahan di otak.

Indra Bekti sudah dipindah dari ruang ICU ke ruang rawat inap setelah hampir satu bulan Indra Bekti menjalani perawatan di rumah sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas