Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Alami Skoliosis, Rano Karno Rasakan Suntik Tulang, Dokter Sarankan Turunkan Berat Badan

Rano Karno mengakui tubuhnya tidak sehat. Ia sudah membuang batu empedunya dan terpasang empat ring di jantungnya.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Alami Skoliosis, Rano Karno Rasakan Suntik Tulang, Dokter Sarankan Turunkan Berat Badan
Ist
Aktor dan politisi Rano Karno. Rano Karno mengakui tubuhnya tidak sehat. Ia sudah membuang batu empedunya dan terpasang empat ring di jantungnya. 

TRIBUNNEWS.COM,DEPOK - Aktor dan politisi Rano Karno masih sibuk menjalani aktivitasnya meski usia tidak muda lagi.

Rano Karno masih sibuk memproduksi sebuah film hingga web series, serta menjalani tugasnya sebagai wakil rakyat di gedung DPR/MPR RI.

Baca juga: Rano Karno Menangis Saat Pemakaman Koh Ahong

Rano Karno mengakui tubuhnya tidak sehat. Ia sudah membuang batu empedunya dan terpasang empat ring di jantungnya.

"Saya sekarang sudah karbo tidak makan nasi lagi, dan saya itu skoliosis, tulang saya sudah bengkok," kata Rano Karno ketika ditemui di kawasan Meruyung, Depok, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

Bahkan, Rano diberikan empat saran oleh dokter agar kondisi tubuhnya tetap terjaga, yakni menurunkan berat badan, melatih otot perut, suntik tulang belakang, dan operasi.

"Pertama berat saya sempat 91 kg, sekarang sudah 85 kg lah. Masih harus nurunin 5 kg lagi sampai 80 kg," ucap lelaki berusia 62 tahun itu.

Baca juga: Harta Kekayaan Anggota DPR Rano Karno, Total Capai Rp 18,3 M dan Tak Miliki Utang

Dalam poin kedua melatih otot perutnya, Rano tak bisa terlalu lama duduk di ubin. Bahkan, ia sampai membawa kursi lipat saat menjalani ibadah solat jumat.

BERITA TERKAIT

"Karena saya skoliosis, sekarang maaf saya jujur mungkin kalau saya solat jumat saya pasti pakai kursi, kalau duduk diubin dan ceramah lama gelisah saya. Dan duduk harus nyender ke tembok," jelasnya.

Rano Karno ditemui usai pemakaman Koh Ahong di TPUI Meruyung Depok Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).
Rano Karno ditemui usai pemakaman Koh Ahong di TPUI Meruyung Depok Jawa Barat, Selasa (13/6/2023). (Tribunnews.com/ Bayu Indra Permana)

"Malahan kadang saya ditanyain sama engkong engkong sebelah saya, 'kenapa lu dul?' Ya gua jawab aja ga usah ditanya sudah sama sama," sambungnya.

Selain harus disuntik, Rano sudah rutin olahraga. Ia menyempatkan diri jalan kaki selama 30 menit, guna menjaga kondisi tubuhnya.

"Ya langkah ketiga harus di blok, di blok itu di suntik, ya kalau disuntik tulang belakang lumayan sakitnya," ungkapnya.

Rano Karno tidak mengambil poin keempat. Sebab, dokter yang menanganinya tidak menganjurkan untuk operasi pelurusan tulang belakang.

"Dokter bilang 'ya nggak usahlah udah umur segini' nikmati ajalah. Ya gitu lah, artinya usia nggak bisa dibohongi, kita suatu saat pasti akan pulang," ujar Rano Karno. (ARI). 
 

--

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas