Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Siapakah Nobuyo Oyama? Aktris Pengisi Suara Film Kartun Doraemon yang Ikonik

Nobuyo Oyama telah meminjamkan suaranya ke lebih dari 2000 episode Doraemon selama lebih dari seperempat abad sejak 1979 hingga 2005.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Siapakah Nobuyo Oyama? Aktris Pengisi Suara Film Kartun Doraemon yang Ikonik
X
Pengisi suara ikonik Doraemon, Nobuyo Oyama, meninggal dunia pada 29 September 2024, pada usia 90 tahun, karena sebab alamiah. Pemain asal Jepang ini mengidap demensia pada tahun 2015. (X/Twitter) 

TRIBUNNEWS.COM - Suara serak Nobuyo Oyama, yang menghidupkan robot kucing kartun kesayangan anime dari masa depan, sudah tidak ada lagi di antara kita.

Agensinya, Actors Seven, menyampaikan kabar duka atas kematiannya pada hari Jumat, 10 Oktober. Oyama meninggal pada tanggal 29 September dalam usia 90 tahun.

Agensi pengisi suara mengatakan kerabatnya mengadakan pemakamannya secara pribadi.

Kucing anime telah memenangkan banyak hati, berkat Oyama.

Nobuyo Oyama telah meminjamkan suaranya ke lebih dari 2000 episode Doraemon selama lebih dari seperempat abad sejak 1979 hingga 2005.

Oyama telah menjadi bagian dari sebagian besar masa kecil kita.

Sama seperti karya Fujiko F. Fujio di tahun 70an yang menggambarkan persahabatan yang tulus antara Doraemon dan Nobita, pengisi suara karakter ini juga memiliki ikatan yang tidak dapat dipatahkan.

BERITA REKOMENDASI

Secara kebetulan, teman dekat Oyama, Noriko Ohara, yang mengisi suara Nobita, juga meninggal awal tahun ini di bulan Juli.

Pasangan ini kini telah bersatu kembali sebagai bintang figuratif di langit malam.

Serial manga dan anime yang sangat familiar menampilkan robot kucing tituler yang melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dari abad ke-22 untuk membantu Nobita yang baik hati namun malas.

Baca juga: Pengisi Suara Doraemon Nobuyo Oyama Meninggal Dunia pada Usia 90 Tahun

Keinginan anak laki-laki itu menemukan solusi cepat dalam bentuk kantong Doraemon yang tak berdasar yang merupakan rumah bagi jutaan gadget, termasuk “pintu ke mana saja” dan “helikopter” yang tak terlupakan.

Siapakah Nobuyo Oyama?

Mendiang ikon anime ini lahir di Tokyo pada tahun 1933 dan namanya dikenal luas publik sebagai pengisi suara utama Doraemon di film animasi Doraemon.

Menurut Associated Press, dia melakukan debut aktingnya dalam sebuah drama tahun 1956 di televisi publik NHK Jepang.

Dia akhirnya mendapatkan peran pengisi suara pertamanya dalam versi serial TV Lassie yang disulihsuarakan pada tahun 1957.

Nobuyo Oyama meninggal OK
Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon di film animasi Doraemon meninggal dunia dalam usia 90 tahun.
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas