Tribun

Bertemu di Peresmian Sea Labs, 4 Talenta Teknologi Sampaikan Hal Ini Pada Presiden Jokowi

Pada kesempatan ini, Rangga memberitahu akan pulang ke Indonesia untuk berkarya dan berkontribusi dalam pengembangan industri teknologi tanah air.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bertemu di Peresmian Sea Labs, 4 Talenta Teknologi Sampaikan Hal Ini Pada Presiden Jokowi
istimewa
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan 4 talenta teknologi Indonesia yang berkarya di luar negeri – Shopee Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Saat meresmikan Sea Labs pada Selasa (1/2/2022), Presiden Joko menyempatkan diri berbincang dengan beberapa talenta muda digital yang berkiprah di luar negeri.

Mereka di antaranya Rangga Garmastewira - Tech Lead Sea Money, Ainun Najib - Head of Analytics, Platform & Regional Business Grab Singapore, Chairani Aulia Nusapati - Software Engineer, Google UK, serta Veni Johanna - Director of Engineering Asana di Amerika Serikat.

Pada kesempatan ini, Rangga memberitahu akan pulang ke Indonesia untuk berkarya dan berkontribusi dalam pengembangan industri teknologi tanah air.

Baca juga: Jokowi Kagum, Talenta Digital Lokal di Induk Perusahaan Shopee Beri Solusi Teknologi Bagi UMKM

“Dengan adanya Sea Labs Indonesia, saya akan pulang Pak untuk berkontribusi langsung di tanah air. Nanti bulan April, saya bergabung di Sea Group Indonesia dan akan mengembangkan digital payment gateway Indonesia, Pak," ujar Rangga kepada Presiden Jokowi.

Awalnya Rangga sempat gagal untuk berkarir di perusahaan teknologi. Namun, alumni ITB jurusan Ilmu Komputer ini tetap menunjukkan kegigihan melalui pengalamannya.

Rangga sukses memimpin beberapa proyek, seperti pengembangan digital payment SeaMoney yang kini telah digunakan lebih dari 300 juta orang di 4 negara.

Baca juga: Gandeng Telkomsel dan Shopee, Kickfest Gelar Pameran Clothing Secara Online

Tidak hanya Rangga, Ainun Najib yang menjadi talenta digital Indonesia asal Surabaya, Jawa Timur, berhasil memimpin Divisi Alaytics, Platform & Regional Business Grab Singapore, dalam waktu 3 tahun.

Pria yang sempat menempuh pendidikan di Nanyang Technological University, jurusan Teknik Komputer ini, sempat menjadi perbincangan di media sosial Twitter, beberapa waktu yang lalu.

Presiden Jokowi meminta Ainun untuk bisa kembali ke tanah air untuk mengembangkan potensi sumber daya digital Indonesia.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliates Program, Lengkap dengan Keuntungan dan Perhitungan Komisi yang Didapat

Ainun menyampaikan pendapatnya kepada Presiden Jokowi mengenai potensi besar Indonesia pada sektor digital.

“Saya optimis sekali pak, Indonesia ini sudah kodratnya menjadi talenta teknologi yang terbesar. Saya rasa hanya soal waktu, yang perlu dilakukan untuk jangka panjang (pengembangan talenta digital Indonesia) lebih baik dilakukan oleh mas Menteri Nadiem,” ungkap Ainun.

Presiden Jokowi meresmikan langsung Sea Labs Indonesia bersama Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, dan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Bapak Teten Masduki, bersama dengan Chief Operating Officer Sea, Ye Gang, di kantor Sea Labs Indonesia, Gedung Pacific Century Place, Jakarta. (*)

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas