Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tren Belanja Bulan Ramadan: Fashion Muslim Jadi Kategori Terlaris di E-Commerce Ini, Naik 9x Lipat

Bulan Ramadan meningkatkan animo masyarakat dalam berburu produk fashion untuk menemani kegiatan beribadah serta menyambut hari raya.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Tren Belanja Bulan Ramadan: Fashion Muslim Jadi Kategori Terlaris di E-Commerce Ini, Naik 9x Lipat
ISTIMEWA
Tren belanja di Bulan Ramadan menunjukkan bahwa fashion muslim jadi kategori terlaris dengan peningkatan pesanan lebih dari 9x lipat. 

TRIBUNNEWS.COM - Bulan Ramadan identik dengan tradisi berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. Hal ini membuat antusiasme masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan menjadi sangat tinggi. 

Tidak hanya kebutuhan makanan dan minuman, Bulan Ramadan juga meningkatkan animo masyarakat dalam berburu produk fashion untuk menemani kegiatan beribadah di bulan suci hingga menghiasi momen bergembira di hari raya Idulfitri. 

Tren Fashion Muslim baik saat Ramadan atau jelang Lebaran memang selalu punya ciri khas, mulai dari pemilihan desain, motif trendi, hingga bahan yang nyaman untuk mendukung setiap aktivitas khususnya untuk beribadah. Maka itu, tak heran kategori ini banyak menjadi incaran masyarakat setiap tahunnya. 




Pada kampanye Shopee Big Ramadan Sales 2023 yang telah berlangsung sejak sebulan lalu, kategori Fashion Muslim pun mengalami peningkatan transaksi yang sangat signifikan. Kategori ini bahkan mencapai jumlah pemesanan lebih dari 9 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa. 

Nah, ternyata ada tiga produk produk Fashion Muslim yang paling banyak dibeli selama kampanye Shopee Big Ramadan Sale 2023 berlangsung. Yang pertama adalah Gamis Crinkle, yang dapat memberi kesan mewah bagi penggunanya. 

Lalu, ada juga Pashmina Ceruty yang menjadi salah satu favorit pengguna Shopee di Bulan Ramadan tahun ini. Jenis pashmina ini menghadirkan bahan yang nyaman serta praktis untuk dikenakan. 

Selain itu, model baju Koko Kurta pun sangat diminati karena modelnya yang simpel sehingga dapat digunakan tidak hanya untuk beribadah, namun juga melakukan kegiatan lainnya. 

BERITA TERKAIT

Kategori hampers juga banyak diminati

Selain berburu produk incaran Fashion Muslim, menjelang Lebaran seperti sekarang, tradisi mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat untuk menjaga silaturahmi juga membangkitkan antusiasme masyarakat untuk berbelanja. 

Selama puncak kampanye Big Ramadan Sale 2023, transaksi untuk kategori Hampers turut mengalami peningkatan lebih dari 5x lipat dibanding hari biasa. 

Selain pemberian hadiah seperti hampers, hari kemenangan juga sering diisi dengan berbagai tradisi unik nan khas oleh setiap keluarga. Misalnya, budaya kumpul keluarga sambil makan makanan khas pada hari Lebaran, lalu ada juga tradisi salam tempel atau pemberian THR dengan amplop lucu untuk sanak saudara. 

Menariknya, dari kebiasaan-kebiasaan tersebut, produk-produk yang lekat dengan semangat menyambut Hari Raya seperti amplop lebaran, kurma, dan tas hampers Idulfitri juga menjadi produk yang paling banyak dipesan pengguna. 

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menjelaskan bahwa meningkatnya antusiasme pengguna turut didorong oleh promo terbesar dan ragam produk yang dihadirkan oleh Shopee sejak awal Ramadan. 

“Kami senang sekali melihat antusiasme pengguna dalam memilih Shopee sebagai destinasi belanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan di setiap momen Ramadan-nya. Promo terbesar dan ragam produk yang kami hadirkan, serta faktor eksternal seperti tradisi halal bihalal hingga silaturahmi, menjadi faktor yang mendorong peningkatan pada kategori-kategori yang identik dengan Ramadan, seperti Fashion Muslim, Makanan dan Minuman, serta Hampers,” ucap Monica.  

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas