Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

42 Atlet Tuna Grahita Ikuti Olimpiade Olahraga Dunia di Los Angeles

Sebanyak 42 atlet kontingen Indonesia akan mengikuti ajang olimpiade international Special Olympic World Games 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in 42 Atlet Tuna Grahita Ikuti Olimpiade Olahraga Dunia di Los Angeles
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Atlet Paralimpik asal Gorontalo, Iyan Usman mengangkat tangan ketika memasuki finish babak final 200m T20 Tuna Grahita Putri pada Papernas Riau di Venue Atletik kawasan Rumbai Sport Center Pekanbaru, Selasa (9/10/2012). Ia berhasil meraih emas dengan catatan waktu 29:35 detik. (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - sebanyak 42 atlet kontingen Indonesia akan mengikuti ajang olimpiade international Special Olympic World Games 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat 25 Juli-2 Agustus 2015 mendatang.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna), dr. Pudji Hastuti mengatakan,
Special Olympic World Games 2015 merupakan ajang pertandingan olahraga warga tuna grahita kelas dunia.

"Tahun 2011, dalam kompetisi itu dalam ajang Special Olympics World Summer Games di Athena, Yunani pmeraih 15 medali emas, 13 medali perak dan 9 medali perunggu," kata Pudji di sela-sela penandatangan kerjasama dengan Herbalife Indonesia di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

SOIna, satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia.

"Kami melakukan pembinaan tujuh cabang olahraga yakni atletik, bulutangkis, tenis meja, sepakbola, bola basket dan renang dan bocce," katanya.

Indonesia sendiri telah bergabung menjadi anggota Special Olympics ke-79 pada 9 Agustus 1989.

Hingga tahun 2011 SOIna telah menjaring 55,000 atlet yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Special Olympic World Games akan memperlombakan 25 cabang olahraga diantaranya: aquatics, atletik, bulutangkis, basket, bocce, bowling, bersepeda, berkuda, sepakbola, golf.

Kemudian olahraga senam, half marathon, handball, judo, kayak, open water swimming, powerlifting, roller skating , sailing, softball, tenis meja, tenis, triathlon, voli, dan voli pantai.

Mengenai komitmen Herbalife yang mau menjadi sponsor resmi nutrisi Tim Nasional Special Olympic Indonesia, ia mengapresiasi dan menyambut baik dukungan ini.

"Kami berharap akan banyak prestasi yang diraih oleh atlit Special Olympics pada kompetisi tahun ini.” ujarnya.

Country General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi mengatakan, keterlibatan HerbalLife dalam olahraga ini adalah bagian menyebarkan gaya hidup sehat melalui olahraga yang disertai asupan nutrisi yang tepat.


"Kami juga mengajak seluruh pihak untuk memberikan dukungan dan doa agar para atlet Indonesia yang berlaga di Special Olympic Games dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata Andam. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas