Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Ayat Supriatna (Jabar) & NSR Yalatif (Sumbar) Rebut Emas Cabang Gantole

Setelah lomba hari kelima (Ronde 6) Nomor Ketepatan Mendarat berakhir, Minggu sore (25/9) di Desa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat,

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Ayat Supriatna (Jabar) & NSR Yalatif (Sumbar) Rebut Emas Cabang Gantole
Fotografi: LASSAK IMAJI/TAGOR SIAGIAN
Ayat Supriatna (kiri/Jawa Barat) dan NSR Yalatif (Sumatera Barat) menggigit medali emas cabang Gantolle PON XIX Jawa Barat 2016 yang mereka peroleh, Minggu (25/9), Desa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sejarah baru Gantolle tercatat, rekor PON X 1981 pecah.

Desa Cihampelas (25/9) Peningkatan jam terbang dengan teratur mengikuti berbagai kejuaraan, menghasilkan juara-juara baru di cabang olahraga dirgantara Gantolle/Layang Gantung PON XIX Jawa Barat 2016

Rekor dibuat untuk dipecahkan. Sejarah baru tercatat. Sejak Tony Kullit (Jawa Barat) merebut dua medali emas Gantolle pada PON X Jakarta 1981, di nomor Ketahanan Terbang dan Ketepatan Mendarat (KTM), baru kali ini ada pilot (sebutan untuk atlit olahraga dirgantara) yang berhasil merebut dua medali emas. Bahkan dua pilot sekaligus berhasil meraih pencapaian idaman itu!

Setelah lomba hari kelima (Ronde 6) Nomor Ketepatan Mendarat berakhir, Minggu sore (25/9) di Desa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, pilot Sumatera Barat (Sumbar), NSR Yalatif, terlalu tangguh untuk pilot-pilot tuanrumah di Kelas B. Sarjana Pendidikan (Jasmani) Universitas Negeri Padang itu merebut emas keduanya setelah menjuarai Nomor Lintas Alam Terbatas (Minggu, 18/9), di Bukit Batu Dua, Gunung Lingga, Kabupaten Sumedang.

Andalan tuan rumah, Ayat Supriatna juga berhasil merebut medali emas keduanya.  Sebelumnya, Ayat, 31, yang mengikuti Kelas A, menjuarai Nomor Lintas Alam Terbatas (Race To Goal/RTG) dan berperan besar dalam membawa Jawa Barat menjadi juara umum cabang Gantolle dengan meraih tiga medali emas, tiga perak dan satu perunggu.



Emas lainnya diperoleh dari nomor Ketepatan Mendarat Beregu Kelas A atas nama pilot senior Koesnadi Bohon dan Ujang Robi. Pada PON XVIII Riau 2012, Ayat hanya meraih medali perunggu Nomor RTG Kelas B.

Sementara Latif, mengaku prestasinya melebihi ambisi pribadinya.

BERITA TERKAIT

“Ini rezeki anak. Sebenarnya saya lebih fokus ke KTM dan tidak menyangka bisa merebut emas RTG,” ujar Latif pada Tagor Siagian, Staf Sekretariat Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (PB FASI).

Latif, 28, mulai berlatih Gantolle pada 2009, setelah pilot senior Sumbar Rijalul Fathani berpromosi di kampusnya. Isterinya, Marta Prawilian sedang mengandung putra pertama mereka.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjanjikan hadiah Rp. 200 juta untuk peraih satu medali emas. Sedangkan bagi peraih medali perak Rp 50 juta, dan medali perunggu Rp 25 juta.

Kontroversi banyak melanda lomba Gantolle akibat kinerja Panitia Pelaksana (Panpel) tidak sesuai buku panduan lomba (Technical Handbook/THB) yang berisi seluruh peraturan yang sudah disepakati semua manajer regu. Revisi peraturan yang dilakukan Direktur Lomba Eris Budi Utomo belum diterima Panitia Besar PON XIX.

Regu Jawa Timur melakukan protes ke PB PON karena merasa adanya keganjilan. Lomba RTG pada Jum’at (16/9) sempat dibatalkan menunggu PB PON menerima THB Gantolle yang direvisi. Hasilnya, Dewan Hakim PB PON memutuskan agar aturan lomba mengikuti THB asli.

Tim penasehat hukum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Propinsi DKI Jakarta, Subangkit, mengungkapkan pihaknya sangat dirugikan akibat lomba dihentikan sepihak oleh Direktur Lomba saat pilot DKI Jaya Andre Herman Kartowisastro sedang memimpin peringkat sementara.

Padahal, sebelumnya sudah diputuskan meski tidak ada pengesahan revisi THB, berdasarkan hasil pertemuan teknis para manajer regu, itu sudah tidak masalah dan pertandingan tetap bisa dijalankan.

 Namun, kenyataannya Direktur Lomba justru mengingkari hasil pertemuan para manajer regu yang sudah disepakati.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas