Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

LIMA Futsal West Java Conference Dihelat Pekan Ini

Liga Mahasiswa Futsal kini langsung menghelat konferensi keduanya dengan mengusung tema LIMA Futsal Blibli.com West Java Conference (WJC).

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in LIMA Futsal West Java Conference Dihelat Pekan Ini
ist
Liga Mahasiswa Futsal 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Setelah sukses menghelat LIMA Futsal Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference, Liga Mahasiswa Futsal kini langsung menghelat konferensi keduanya dengan mengusung tema LIMA Futsal Blibli.com West Java Conference (WJC).

Ajang tersebut akan berlangsung di Futsal Progresif, Bandung pada 30 September – 7 Oktober 2016.

Dalam ajang LIMA Futsal Air Mineral Prima-A Greater Jakarta Conference  pada musim ini diramaikan oleh sejumlah tim anyar, penyelenggaraan LIMA Futsal Blibli.com West Java Conference diikuti tim-tim anyar yang siap bersaing di ajang ini.

Bahkan, animo LIMA Futsal yang kali kedua menginjakkan di Tanah Pasundan ini mampu menarik lebih dari setengah  peserta musim lalu.

Pada penyelenggaraan musim lalu, LIMA Futsal WJC diikuti delapan tim putra yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), STKIP Pasundan, STIE Ekuitas, Politeknik Manufaktur Negeri (Polman), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan STIE Kesatuan Bogor. Sementara, dua tim putri yakni UPI dan Unpad tergabung ke dalam Nusantara Conference yang perhelataannya diadakan di Jakarta.

Kali ini, LIMA Futsal WJC diikuti lebih dari setengah peserta musim lalu. Tercatat ada 16 tim putra dan empat tim putri yang akan berjuang meraih gelar LIMA Futsal WJC serta memperebutkan tiket ke LIMA Futsal Nationals.

16 tim putra yang turut serta yakni UPI, Universitas Telkom, Institut Teknologi Nasional (Itenas), Unpad, Universitas Langlangbuana (Unila), Polman, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (SGD), Universitas Widyatama (Utama), Universitas Komputer (Unikom), Universitas Islam Bandung (Unisba), STIE Ekuitas, ITB, STKIP Pasundan, Universitas Islam Nusantara (Uninus), Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) dan Universitas Kristen Maranatha. Sedangkan persaingan tim putri dihuni UPI, Unpad, STKIP dan ITB.

BERITA TERKAIT

Sebelum menghelat ajang tersebut, seperti biasa tim LIMA beserta perangkat pertandingan dan perwakilan tim seperti manajer dan pelatih, terlebih dulu mengikuti kegiatan technical meeting guna membahas peraturan dan sistem pertandingan serta penentua grup bagi tim putra.

Pada kegiatan technical meeting yang diadakan di meeting room Hotel Ghotic, Bandung (27/9/2016), asisten manajer event Liga Mahasiswa, Muhammad Riyyan Nabawi seperti biasa membuka kegiatan ini dengan memberikan ucapan selamat kepada seluruh tim yang lolos tahap verifikasi dan berhasil menjadi peserta LIMA Futsal West Java Conference.

“Musim ini, perserta di Jawa Barat mengalami peningkatan yang signifikan. Dan, seperti biasa sebelum kegiatan ini membahas mengenai peraturan dan drawing, saya ucapakan selamat terlebih dulu kepada tim-tim yang lolos verifikasi dan menjadi perseta LIMA Futsal WJC musim ini. Saya berharap dengan diikutinya sejumlah tim-tim baru,  persaiangan LIMA Futsal WJC bisa berjalan lebih menarik dan kompetitif,” paparnya.

Usai Riyyan Nabawi memberikan sambutan dan beberapa arahan kepada para manajer tim, giliran technical delegate futsal, Noviandry, yang menjelaskan mengenai sistem dan peraturan pertandingan LIMA Futsal WJC.

“Peraturan pertandingan LIMA Futsal akan menggunakan peraturan resmi FIFA Futsal Laws of The Game 2013-2014 dan peraturan khusus LIMA Futsal 2016, sementara sistem pertandingan akan menggunakan setengah kompetisi, tim putra terbagi menjadi empat grup sementara tim putri hanya satu grup,” kata Noviandry.

Hasil Drawing

Setelah peraturan dan sistem pertandingan dibahas secara terperinci, kegiatan technical meeting selanjutnya yaitu menentukan grup bagi tim putra. Kategori putra terdapat empat tim ungulan berdasarkan ranking musim lalu. Keempat tim tersebut yakni STKIP Pasundan, Unpad, STIE Ekuitas dan UPI. Oleh karena itu, tim tersebut masuk dalam pul yang berbeda.

Pul A : STIE Ekuitas, Polman, Unikom dan Uninus. Pul B : Unpad, Unisba, Poltekpos dan Unla. Pul C : STKIP Pasundan, ITB, UIN dan Telkom. Pul D : UPI, Widyatama, Maranatha dan Itenas. Sementara tim putri langsung bertanding dengan menggunakan format setengah kompetisi.

Melihat hasil drawing ini, tim Unikom yang tahun lalu gagal tembus ke babak nasional, mengaku lebih optimisi dan siap menghadapi Ekuitas yang notebene sebagai tim kuat di Bandung.

“Hasil drawing ini cukup menarik buat kami. Pasalnya kami tergabung ke dalam pul yang tim-timnya mempunyai kualitas pemain yang merata. Tapi, saya yakini, tim kami tidak gentar dengan nama besar Ekuitas dan siap tampil maksimal di laga nanti,” kata Hanif, Manajer Unikom.

Nantinya, hanya masing-masing juara pul yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Namun, tak hanya memperebutkan raihan juara. Pada ajang ini, dua tim putra teratas juga berhak melaju ke babak LIMA Futsal Nationals yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, begitupun dengan tim putri.

Ayo datang dan dukung tim kampus kalian di ajang LIMA Futsal Blibli.com West Java Conference yang akan diselenggarakan di Progresif Futsal, Bandung pada 30 September 7 Oktober 2016.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas