Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Maruarar Bangga Anak Cilacap Naik Motor ke Jakarta Ikut Turnamen Catur

Maruarar Bangga Anak Cilacap Naik Moter ke Jakarta Ikut Turnamen Catur

Maruarar Bangga Anak Cilacap Naik Motor ke Jakarta Ikut Turnamen Catur
ISTIMEWA
Turnamen catur memperebutkan Piala 3 M. Piala 3 M adalah Piala Maruarar SiraitMuhammad Misbakhun dan M Hatta Taliwang. 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Anggota DPR RI Maruarar Sirait mengapresiasi turnamen terbuka catur memperebutkan Piala 3 M. Piala 3 M adalah Piala Maruarar Sirait, Muhammad Misbakhun dan M Hatta Taliwang.

Acara ini terselenggara di bawah koordinator M Hatta Taliwang, yang dikenal sebagai aktivis gerakan dan juga pemain catur.

Turnamen catur
Turnamen Catur

"Kita salut kepada tim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan adil, transfaran dan profesional sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar," kata Maruarar Sirait, yang menyampaikan sambutan dalam acara penutuna turnamen di GOR Pasar Minggu, Sabtu malam (26/1/2019).

Selain kualitas pelaksanaan turnamen yan baik, secara kuantitatif jumlah peserta juga sangat banyak.

Baca: Pecatur Muda Indonesia M Ervan Kalahkan Grand Master Tiongkok

Total peserta mencapai 862. Rincian peserta, 150 orang untuk kategori master, 13 orang master Internasional, 24 orang perwakilan Fide master. Sementara peserta non-master mencapai 560 peserta.

Selain itu ada juga kelompok junior yang berdasarkan kategori usia. Yaitu kelompok umur 12 tahun ada 70 pemain dan kelompok umur 16 tahun ke atas ada 46 pemain. Sementara dari kelompok wasit ada 24 pemain.

"Peserta ini berasal dari 20 Provinsi, termasuk Aceh, Gorontalo dan Bima. Ada juga satu peserta dari Uzbekistan dan satu dari Filiphina," ungkap Hatta Taliwang.

Hatta Taliwang menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun persaudaraan, prestasi, serta membangun kesadaran bagi masyarakat bisnis untuk mendorong olahraga catur.

Ini katanya, juga harus menjadi catatan bagi pemerintah sebab banyak peminat catur yang bertebaran di seluruh wilayah tanah air

"Dengan jumlah peserta dari berbagai daerah ini bahwa minat masyarakat kita sangat tinggi. Mereka jauh-jauh datang dengan mengeluarkan uang yang sangat besar, hanya untuk mengikuti turnamen ini," ungkap Hatta.

Secara khusus, Maruarar mengapresiasi juara pertama dalam kategori usia 12 tahun, yaitu Galang Adia Wardana. Anak usia 12 tahun ini datang dari Cilacap dengan mengendarai sepeda motor selama 12 jam untuk mengikuti turnamen ini.

"Saya ingin membuktikan bahwa kita punya prestasi," kata Galang, yang sudah bermain catur sejak usia 14 tahun.

Menurut Maruarar, kegigihan Galang yang datang dari Cilacap menggunakan sepeda motor, ikut turnamen ini.

Bagi Maruarar, ini menandakan minat para pemain catur sangat tinggi, termasuk untu kategori usia 12 tahun.

"Kita harus gelorakan terus turnamen catur ini. Ke depan, di bulan April, kita akan selenggarakan kegiatan ini di Bandung dengan seribu jumlah peserta," ungkap Maruarar.

Turnamen catur271
Turnaman catur
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas