Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hari Olahraga Nasional

Terapan Sport Science Buat Atlet: Asupan Gizi Jadi Hal Dasar Penopang Prestasi

Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional.

Terapan Sport Science Buat Atlet: Asupan Gizi Jadi Hal Dasar Penopang Prestasi
HO/Istimewa
Ahli gizi professional di bidang olahraga (Sport Nutritionist) Emilia Achmadi tengah menjelaskan terkait kebutuhan nutrisi para atlet. Sejak 2017, Ajinomoto Indonesia mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program Winning Meals Kachimeshi┬«, didampingi pelatih Albert Sutanto dan Sport Nutritionist Emilia Achmadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ahli gizi profesional di bidang olahraga (Sport Nutritionist) Emilia Achmadi mengatakan asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional.

Menurut Emilia Achmadi, nutrisi menjadi bagian fundamental yang wajib diperhatikan.

“Untuk pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein," paparnya.

Baca: Zainudin Amali Paparkan Sport Industry, Sport Tourism dan Sport Science

"Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance seorang atlet,” ungkap Emilia dilansir Wartakotalive.com, Rabu (9/9/2020).

“Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet professional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karier mereka sebagai atlet elit profesional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior,” lanjutnya.

Apa yang dipaparkan Emilia tersebut merupakan bagian dari terapan sport science yang menjadi tema besar Hari Olahraga Nasional 2020.

Disebutkan, Haornas dapat menjadi ajang refleksitas dari pembinaan atlet-atlet Indonesia di masa yang sebelumnya.

Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali pun telah menetapkan bahwa tema besar Hari Olahraga Nasional 2020 adalah Sport Science.

Ia juga berharap banyak pihak dapat menggunakan sport science sebagai bagian penting dari pembinaan atlet di berbagai cabang olahraga.

Program Unggulan

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas