Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sesmenpora Berharap Muncul Atlet Esports Berkualitas Dari Kejuaraan Piala Menpora Esports 2020

Gatot juga melihat banyaknya peserta yang mengikuti Piala Menpora Esports 2020 ini jadi hal positif untuk perkembangan Esports di Indonesia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sesmenpora Berharap Muncul Atlet Esports Berkualitas Dari Kejuaraan Piala Menpora Esports 2020
Dok: Megapro
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat hadir dalam acara konferensi pers Piala Menpora Esports 2020 yang diadakan secara daring, Sabtu (3/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto berharap Piala Menpora Esports 2020 bisa melahirkan atlet-atlet esports berkualitas.

Seperti diketahui, Piala Menpora Esports 2020 yang diikuti lebih dari 15 ribu orang ini sekarang sudah memasuki babak grand final.

Baca: Delapan Tim Pelajar Bertarung di Grand Final Piala Menpora Esports 2020




Sebanyak delapan tim esports yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia melaju ke Grand Final Piala Menpora Esports 2020 memperebutkan trofi juara dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

“Bahwa proses pembinaan atlet itu harus dilakukan berkesinambungan. Kalau mau prestasi, kita tidak boleh kekurangan atlet. Melalui Piala Menpora Esports kita harapkan juga terjadi sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak di ekosistem esports dalam upaya mencetak atlet-atlet yang siap berprestasi,” kata Sesmenpora, Sabtu (3/10/2020).

Baca: Piala Menpora Esports 2020 Diikuti 2.048 Tim Esports

Gatot juga melihat banyaknya peserta yang mengikuti Piala Menpora Esports 2020 ini jadi hal positif untuk perkembangan Esports di Indonesia.

Ia pun berharap banyak pihak lagi yang membantu mengembangkan potensi Esports yang ada di Indonesia

BERITA TERKAIT

“Ini menjadi indikator yang positif bahwa sebaran potensi atlet-atlet kita cukup luas. Ini yang perlu menjadi perhatian bersama agar ke depan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan esports ini bisa dilakukan lebih besar lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, grand final yang digelar selama dua hari akan menjadi penentu tim esports yang berhak mengangkat trofi juara. Total prize pool yang disiapkan untuk para pemenang mencapai sebesar Rp 150 juta.

Delapan tim yang akan bertanding yaitu MAN 3 Palembang, Universitas Gunadarma Jakarta, Universitas Udayana Denpasar, SMAN 1 Bintan Utara, Binus University Jakarta, Telkom University Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan SMA Institut Indonesia Semarang.

Mereka adalah tim-tim terbaik dari total 3.141 tim atau terdiri dari 15.705 peserta yang mendaftar dan berkompetisi di Piala Menpora Esports 2020 AXIS.

Babak Grand Final Piala Menpora Esports 2020 AXIS akan berlangsung dalam format double elimination; dengan empat tim berada di upper bracket dan empat tim lainnya berada di lower bracket. Tim yang kalah di upper bracket akan turun ke lower bracket dan memiliki satu kali lagi kesempatan untuk maju ke babak berikutnya.

Selain berebut gelar juara, para pemain yang bertanding juga berjuang memperebutkan titel Most Valuable Player (MVP) dan Top Kill Player. Untuk menjadi dinobatkan MVP pemain harus lebih banyak meraih MVP di kualifikasi kloter, dengan angka kill paling banyak dan death paling sedikit serta assist paling banyak. Sementara Top Kill Player adalah pemain dengan kill paling banyak sepanjang turnamen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas