Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir Pilih Valentino Rossi Ketimbang Marc Marquez Jadi Sumber Inspirasi

Joan Mir lebih memilih Valentino Rossi sebagai sumber inspirasinya daripada Marc Marquez.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir Pilih Valentino Rossi Ketimbang Marc Marquez Jadi Sumber Inspirasi
LLUIS GENE / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakannya dengan Manajer Tim Davide Brivio (kiri) setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP pada akhir Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020. LLUIS GENE / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Pesona Valentino Rossi belum habis.

Bahkan The Doctor menjadi sumber inspirasi Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Joan Mir lebih memilih Valentino Rossi sebagai sumber inspirasinya daripada Marc Marquez.

Baca juga: Para Sosok Penting di Balik Kesuksesan Joan Mir: Kepala Kru Veteran hingga Pebalap Penguji Jempolan

Joan Mir berhasil menjalani MotoGP 2020 dengan kisah manis yang membuahkan gelar juara dunia dunia.

Meski tanpa Marc Marquez yang absen nyaris sepanjang musim ini, jalan berliku tetap ditempuh Mir sebelum akhirnya sukses menjadi raja baru.

Mir pun tak akan bersantai meski sudah punya titel kampiun dunia MotoGP 2020.

Baca juga: Valentino Rossi Serang Michelin, Sebut Yamaha Lebih Powerful Saat Pakai Bridgestone

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020.
LLUIS GENE / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 15 November 2020. LLUIS GENE / AFP (LLUIS GENE / AFP)

Sebab, ujian berat yang baru bakal dia hadapi pada musim depan.

BERITA TERKAIT

MotoGP 2021 akan menjadi pembuktian Joan Mir karena pada musim mendatang, Marc Marquez diperkirakan bisa kembali membalap usai berjuang melawan cedera lengan kanan.

Melihat hal tersebut, Mir menegaskan bahwa dia tidak gentar bersaing dengan Marquez dalam perebutan gelar juara dunia.

Sebab, dia sudah menjadi pembalap kedua yang sukses mematahkan dominasi Marquez di MotoGP setelah Jorge Lorenzo melakukannya pada tahun 2015.

Baca juga: Pebalap Indonesia Andi Gilang Turun Kelas dari Moto2 ke Moto3 di MotoGP 2021

"Sejujurnya hal itu tidak membuat saya takut, kami di sini untuk itu, untuk meraih sebuah kemenangan," kata Mir, dikutip BolaSport.com dari Corsedimoto.

"Orang yang paling sering melakukannya sekarang adalah Marc Marquez dan kami harus menjadi bagian dari pertarungan itu. Musim ini berjalan baik, tetapi musim depan tantangannya besar," tutur pembalap Spanyol berusia 23 tahun itu.

Lebih lanjut, rekan satu tim Alex Rins itu mengaku menjadikan Valentino Rossi sebagai sumber inspirasinya karena merasa punya kemiripan karakter.

Baca juga: Minder, Valentino Rossi Bandingkan Koleksi Gelarnya di MotoGP dengan Lewis Hamilton di Formula 1

Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan di podium setelah memenangkan balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020.
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir merayakan di podium setelah memenangkan balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP (JOSE JORDAN / AFP)

"Orang yang paling saya amati untuk memahami bagaimana melakukan atau tidak melakukan sesuatu adalah Valentino Rossi," kata Joan Mir.

"Dia juga menjadi karakter yang paling saya kenali, bukan karena saya ingin tampak seperti Valentino Rossi, tetapi lebih karena dia yang paling mirip dengan saya," ucap Joan Mir menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Mir juga mengaku tidak memiliki persamaan karakter dengan Marc Marquez, meski mereka berasal dari negara yang sama.

"Yang pasti bagaimanapun, saya tidak mempunyai karakter seorang Marc Marquez, pembalap lain yang saya sangat suka dan saya amati adalah Andrea Dovizioso (Ducati)," tutur Mir.

Sumber: BolaSport.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas