Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Djamhuron P Wibowo: Tak Ada Waktu Bersantai Bagi Atlet DKI Dalam Mempersiapkab Diri Menuju PON Papua

Tahun 2021 merupakan tahun tersibuk bagi KONI Provinsi DKI Jakarta. di penghujung tahun tersebut akan berlangsung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Djamhuron P Wibowo: Tak Ada Waktu Bersantai Bagi Atlet DKI Dalam Mempersiapkab Diri Menuju PON Papua
Dok. Humas KONI DKI Jakarta
Persiapan atlet Sepatu Roda DKI Jakarta menuju PON Papua 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun 2021 merupakan tahun tersibuk bagi KONI Provinsi DKI Jakarta.

Betapa tidak, di penghujung tahun tersebut akan berlangsung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Sebuah ajang yang akan menjadi tolok ukur prestasi dalam pembinaan atlet Ibukota.

Sebanyak 37 cabang olahraga yang ikut ambil bagian di PON Papua nanti sudah mempersiapkan diri dalam pemusatan latihan daerah (Pelatda) sejak tahun 2018 lalu.

Namun karena mewabahnya virus Covid-19 sejak Februari 2020, persiapan atlet menjadi terganggu.

Latihan yang biasanya dilakukan secara bersama-sama baik di dalam ruangan maupun di lapangan terbuka, terpaksa dilakukan secara mandiri.

Namun demikian, latihan mandiri tidak berarti atlet berlatih bebas. Setiap atlet tetap mendapat program latihan harian dari pelatih dan atlet harus melaporkan kegiatannya melalui rekaman video atau foto-foto sedang latihan untuk dikirimkan kepada pelatih.

BERITA TERKAIT

Kemudian setiap pelatih menyampaikan hasil latihan mandiri atletnya kepada Tim Pengendali Peningkatan Prestasi Atlet (TP3A).

Ketua Bidang Monev KONI DKI Jakarta Dr Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pada masa sebelum pandemi setiap anggota TP3A secara rutin berada di lapangan memonitor atlet yang sedang latihan.

Namun dimasa pandemi anggota TP3A hanya dapat berkoordinasi langsung dengan pelatih. Karena pelatih yang menerima hasil latihan harian dari atletnya.

Eloknya, sejak dibukanya kran penggunaan fasilitas latihan yang dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga beberapa bulan terakhir, atlet bisa latihan secara intensif.

Guna mencegah penularan Covid-19 di kalangan atlet, untuk cabang-cabang olahraga tertentu memang belum bisa bebas latihan. Sebut saja misalnya cabang olahraga body contact seperti gulat, judo, tinju, dan wushu sanda yang harus memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Djamhuron P Wibowo sangat mengapresiasi kebijakan Kadispora Achmad Firdaus yang telah membuka kran tentang penggunaan fasilitas olahraga yang berada dalam pengelolaan Dispora.

Dengan begitu untuk cabang-cabang olahraga tertentu sudah bisa melakukan latihan secara rutin di bawah arahan pelatih.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas