Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

SEA Games 2021

Atlet yang Ikut SEA Games 2021 Wajib Karantina 14 Hari Sebelum Ke Vietnam

Okto mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 dan federasi olahraga nasional terkait.

Atlet yang Ikut SEA Games 2021 Wajib Karantina 14 Hari Sebelum Ke Vietnam
tribunnews.com/abdul majid
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari saat diwawancarai di Kantornya usai mengadakan acara buka bersama media, Jumat (23/4/2021). 

 
Abdul Majid/Tribunnews.com
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengatakan seluruh atlet yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam harus menjalani karantina 14 hari di negaranya masing-masing.

Informasi itu ia sampaikan setelah Panitia Penyelenggara SEA Games Hanoi mengumumkannya dalam rapat daring South East Asian Games Federation (SEAGF) Council yang dihadiri perwakilan Komite Olimpiade Nasional (NOC) di Asia Tenggara pada Selasa (18/5/2021).

“Rapat tadi mengumumkan karantina atlet SEA Games dilakukan di negara masing-masing selama 14 hari. Tanggung jawab diberikan kepada NOC terkait, khususnya dalam mengontrol dan memastikan atlet telah divaksin dan melakukan tes PCR sebelum berangkat dan tiba di sana,” kata Okto sapaan akrab dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ketua Umum PSSI Ungkap Trik Jahat Vietnam di SEA Games, Ingatkan Shin Tae-yong Jaga 2 Pemain Timnas

Menindaklanjuti informasi tersebut, Okto mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 dan federasi olahraga nasional terkait.

Hal ini diperlukan untuk memastikan kelancaran persiapan atlet Indonesia menuju SEA Games Hanoi.

“Jadi kami perlu memastikan bahwa atlet selamat dari Covid-19 sebelum berangkat, tetapi juga tidak menghilangkan kewajiban serta kebutuhan atlet untuk berlatih. Semoga perjuangan kita dalam situasi extraordinary ini bisa membuat Indonesia berprestasi di SEA Games Hanoi. Insya Allah Indonesia menjadi negara pemenang,” ujar Okto.

Dalam rapat, Okto dan perwakilan NOC dari negara lain juga melaporkan situasi terkini terkait penyebaran Covid-19.

Baca juga: Gunakan Sistem Degradasi, PP Kick Boxing Indonesia Bidik Emas di SEA Games 2021

Mayoritas negara-negara di ASEAN mengutarakan kasus Covid-19 masih menjadi perhatian serius.

“Kami menyampaikan bahwa Indonesia concern terhadap  penyebaran Covid-19 dan pemerintah Indonesia telah sukses melakukan penekanan yang memberi semangat positif terhadap prestasi olahraga sehingga kiblatnya nanti adalah menyiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Okto.

SEA Games Hanoi dijadwalkan berlangsung pada 20 November- 2 Desember. Penyelenggaraan pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara edisi ke-31 ini akan mempertandingkan 520 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas