Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Minta Maaf, Bendera Merah Putih Tak Bisa Berkibar di Piala Thomas 2021, Buntut Sanksi WADA

Menpora RI, Zainudin Amali meminta maaf atas tidak bisa berkibarnya Bendera Merah Putih saat tim Indonesia merayakan juara di podium Piala Thomas 2021

Penulis: Laura Hilmi
Editor: Husein Sanusi
zoom-in Menpora Minta Maaf, Bendera Merah Putih Tak Bisa Berkibar di Piala Thomas 2021, Buntut Sanksi WADA
tribunnews.com/abdulmajid
Menpora RI, Zainudin Amali. (Tribunnews.com/Abdul Majid) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meminta maaf atas tidak bisa berkibarnya Bendera Merah Putih saat tim Indonesia merayakan juara di podium tertinggi Piala Thomas 2021.

Tim Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2021 setelah berhasil menuntaskan perlawanan China di partai final kemarin, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Indonesia membuka keunggulan atas China setelah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menang dari Lu Guang Zu.




Anthony Sinisuka Ginting berhasil menaklukkan wakil China, Lu Guang Zu melalui rubber gim, dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16.

Tim Indonesia berpose dengan piala dan medali setelah memenangkan final Piala Thomas beregu putra melawan China di Aarhus, Denmark 17 Oktober 2021. (Photo by Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Tim Indonesia berpose dengan piala dan medali setelah memenangkan final Piala Thomas beregu putra melawan China di Aarhus, Denmark 17 Oktober 2021. (Photo by Claus Fisker / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT (AFP/CLAUS FISKER)

Keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting menular di partai berikutnya.

Pada partai kedua, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengalahkan pasangan China, He Ji ing/Zhou Hao Dong dua gim langsung, dengan skor 21-12, 21-19.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan “ Selamat Piala Thomas pulang ke Tanah Air”

Baca juga: Mengenal Jonatan Christie, Penentu Kemenangan Indonesia atas China di Final Piala Thomas 2021

Pada partai ketiga, sektor tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie sukses meraih kemenangan atas Li Shi Feng melalui rubber gim, dengan skor 21-14, 18-21, 21-14.

BERITA TERKAIT

Hasil tersebut membuat Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2021, namun tidak bisa mengibarkan bendera merah putih.

Adapun larangan pengibaran bendera Merah Putih saat tim Indonesia menerima penghargaan juara Piala Thomas 2021, disebabkan keputusan Badan Antidoping Dunia (WADA) yang menjatuhkan sanksi kepada Indonesia.

Hal tersebut lantaran Indonesia dinilai tidak mematuhi program test doping plan (TDP).

Saat Indonesia naik podium, sebagai gantinya, bendera logo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang dikibarkan.

Terkait hal tersebut, Zainudin Amali dalam konferensi virtual menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

Dalam konferensi pers tersebut, juga dihadiri oleh Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

"Saya sekaligus memperkuat apa yang disampaikan oleh LADI tentang permohonan maaf, saya juga mohon maaf atas kejadian yang membuat kita semua jadi tidak enak dan nyaman," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers secara virtual pada Senin (18/10/2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas