Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Fakta Menarik Karier Fenomeal Valentino Rossi di MotoGP, Sang Legenda hingga Sang Maestro Lintasan

Empat fakta menarik sang legenda dan sang maestro MotoGP, Valentino Rossi pensiun usai menjalani balapan terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Fakta Menarik Karier Fenomeal Valentino Rossi di MotoGP, Sang Legenda hingga Sang Maestro Lintasan
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai setelah balapan MotoGP Grand Prix Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 14 November 2021. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana sembilan kali Nama juara dunia Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Terima Kasih Valentino Rossi! Ungkapan yang tak hanya puas bila dilontarkan dengan kalimat. Tidak ada yang lebih haru bila melihat sang legenda ataupun sang ikon MotoGP harus pensiun.

Selama dua dekade lebih, Valentino Rossi mewarnai Kejuaraan Dunia MotoGP di berbagai kelas, aksinya, tingkahnya, hingga emosinya bakal selalu terngiang bagi para penggemar ajang yang satu ini.

Namun sayang, musim depan tidak akan ada lagi nama Valentino Rossi dalam sesi latihan bebas, kualifikasi, bahkan grid start race balapan.




Nama sang legenda hanya akan menjadi buah bibir, pekat dalam ingatan atas sumbangsih yang luar biasa pada MotoGP.

Baca juga: Klasemen Akhir MotoGP 2021: Quartararo Juara, Anak Didik Rossi Peringkat 2, Marc Marquez 10 Besar

The Doctor, julukan sang legenda resmi menjalani balapan terakhir pada MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (14/11/2021) malam.

Secara tidak sengaja, jika tanggal, bulan dan dua angka terakhir pada tahun ini, penyelenggaraan MotoGP Valencia merujuk pada angka 46. Angka yaang bahkan sudah tidak asing lagi karena selalu melekat pada nomor si kuda besi Rossi.

Sejumlah aksi, bahkan catatannya yang fenomenal sangat banyak, berikut Tribunnews rangkum sebagian kisah Rossi, jelang MotoGP Valencia hingga seputar kariernya: 

Pembalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai setelah balapan MotoGP Grand Prix Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 14 November 2021. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana sembilan kali Nama juara dunia Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya.
Pembalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai setelah balapan MotoGP Grand Prix Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 14 November 2021. Seorang ikon olahraga memasuki masa pensiun pada 14 November 2021 di MotoGP Valencia di mana sembilan kali Nama juara dunia Valentino Rossi akan menghiasi grid untuk terakhir kalinya. (JOSE JORDAN / AFP)
BERITA TERKAIT

1. Sembilan Pembalap Calon Penerus Valentino Rossi

Sebelum MotoGP Valencia 2021 dimulai, para rider Akademi VR46 mendapat kesempatan untuk menggunakan helm sang legenda MotoGP, Valencia pada series terakhir MotoGP 2021.

Helm yag mereka gunakan adalah helm khusus yang pernah digunakan Valentino Rossi sepanjang karier balapannya.

Francesco Bagnaia menggunakan hel What a Show yang digunakan Rossi tahun 2004, Luca Marini mengenakan 5 Continents tahun 2008.

Franco Morbidelli Peace & Love 1999, Celestino Vietti Winter Test Sepang 2005, Marco Bezzecchi SoleLuna 1996, Andrea Migno Season 2001, Niccolo Antonelli Laguna Seca 2005, dan Alberto Surra menggunakan SoleLuna 2020.

2. Valentino Rossi Show

Lap terakhir setelah bendera finis berkibar, waktunya pertunjukkan Valentino Rossi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas