Tribun Sport

Eko Yuli: Selagi Indonesia Membutuhkan Saya, Saya Akan Terus Berjuang

Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan kembali dikirim PB PABSI untuk mengikuti SEA Games Vietnam pada 12 -23 Mei mendatang.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Eko Yuli: Selagi Indonesia Membutuhkan Saya, Saya Akan Terus Berjuang
tribunnews.com/majid
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan saat menjalani latihan jelang tampil di SEA Games Vietnam, Mess Kwini, Jakarta, Rabu (6/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan kembali dikirim PB PABSI untuk mengikuti SEA Games Vietnam pada 12 -23 Mei mendatang.

Akan tetapi, Eko Yuli statusnya bukan tim pelatnas angkat besi, ia hanya tim SEA Games.

Bahkan untuk bisa berangkat ke SEA Games, Eko Yuli sebelumnya harus mengikuti seleksi nasional lebih dulu.

“Dari PB seperti itu, saya tim SEA Games saja bukan pelatnasnya. Jadi saya hanya terjun di SEA Games, setelah itu tak ada SK lagi,” kata Eko Yuli saat ditemui di Mess Kwini, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Yang penting bisa berjuang buat indonesia di SEA Games dan Asian Games. Selama masih ada seleknas menentukan tim inti, ya tak jadi masalah,” lanjut Eko.

“Meskipun persiapannya mandiri dulu, karena yang di sini pelatnas Olimpiade, jangka panjang, mungkin kuotanya sudah penuh. Jadi saya tim intinya saja, untuk pelatnas tak masuk. Saya baru empat hari di sini,” jelasnya.

Lebih lanjut, peraih medali perak Olimpiade 2020 tersebut membeberkan alasannya tetap ingin tampil di SEA Games.

Menurutnya, selagi ia masih mampu dan negara tetap membutuhkannya, ia akan terus berjuang demi merah putih.

Eko pun mengatakan apabila ada lifter lain yang bisa melampauinya, ia akan mundur dan memberikan kesempatan kepada lifter tersebut menggantikannya.

“Selagi indonesia masih membutuhkan saya, saya akan berjuang. Jadi masalah usia sudah senior, atau apa, jika memang dibutuhkan bisa merebut medali emas kenapa tidak,” kata Eko Yuli.

“Karena saat ini saya masih terbaik di kelas saya, dan pelapisnya pun belum bisa mengikuti saya. Kalau memang ada minimal menyamai saja, mungkin saya bisa setop dulu,” pungkasnya.

Cabang olahraga angkat besi menurunkan 13 atlet ke SEA Games Vietnam termasuk Eko Yuli.

PB PABSI dan pemerintah tidak memberikan target spesifik. Hanya saja Wakil Ketua Umum PB PABSI, Joko Pramono meyakini anak asuhnya bakal banyak mendulang medali seperti SEA Games sebelumnya di mana 10 atlet yang diturunkan semuanya mampu membawa pulang medali.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas