Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Wushu Indonesia Raup Tiga Emas, Sembilan Perak, Tiga Perunggu, Ferry Kono Bicara Faktor X

Ferry Kono mengatakan sebenarnya tim wushu Indonesia bisa mendapatkan medali emas lebih banyak lagi di SEA Games 2022 Vietnam

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Wushu Indonesia Raup Tiga Emas, Sembilan Perak, Tiga Perunggu, Ferry Kono Bicara Faktor X
Tribunnews/Abdul Majid
CdM Kontingen Indonesia, Ferry Kono saat diwawancarai di Media Center SEA Games 2021, National Convention Center, Hanoi, Minggu (15/5/2022) malam. 

Wushu Indonesia Raup Tiga Emas, Sembilan Perak, Tiga Perunggu, Ferry Kono Bicara Faktor X

 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, HANOI – Tim Wushu Indonesia secara total meraih 15 medali yakni tiga emas, sembilan perak dan tiga perunggu pada SEA Games 2022 Vietnam.

Dua medali emas terakhir yang didapatkan pada Minggu (15/5/2022) diraih oleh Seraf Naro Siregar (Mens Taolu Doushu + Gunshu) dan Junita Malau (Women’s Sanda 48kg).

Mengenai pencapaian itu, Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Ferry Kono mengatakan sebenarnya tim wushu Indonesia bisa mendapatkan medali emas lebih banyak lagi.

Baca juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2022, Wushu hingga Downhill Dongkrak Emas untuk Indonesia

Tim wushu Indonesia pada hari pertama pertandingan di SEA Games 2021 Vietnam mampu mendulang satu perak dan satu perunggu.
Tim wushu Indonesia pada hari pertama pertandingan di SEA Games 2021 Vietnam mampu mendulang satu perak dan satu perunggu. (dok: NOC Indonesia)

Akan tetapi di hari terakhir sekitar enam finalis lainnya justru kalah dan harus puas meraih medali perak.

Faktor X - penilaian yang tidak fair jadi salah satu kendala, mengingat nomor seni penilaian dilakukan secara subjektif.

BERITA TERKAIT

“Sampai tadi pagi semua masih on target, tapi ketika nomor wushu mulai dipertandingkan di situ kita mulai tercecer karena ada faktor X lain sehingga kita punya 5 finalis di wushu, tapi ya tidak semua bisa mendapatkan medali emas,”  kata Ferry Kono di Media Center SEA Games 2021, National Convention Center, Hanoi, Minggu (15/5/2022) malam.

“Ini memang mungkin sebuah pembelajaran buat kami, mengingat tuan rumah akan melakukan berbagai cara khususnya di nomor-nomor seni bela diri,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ferry berharap atlet-atlet Indonesia di beberapa hari kedepan tampil lebih percaya diri lagi.

Sehingga persaingan perolehan dengan Thailand dan Filipina yang berada di peringkat kedua dan ketiga bisa tetap terjaga.

“Ini hal yang menarik dan ini dilakukan atlet kami dan beberapa atlet senior yang mulai percaya diri,” kata Ferry.

“Harapannya beberapa atlet muda kami juga mulai percaya diri, karena beberapa pertandingan masih punya problem dengan mental, grogi segala macam. Jadi insya Allah beberapa hari kedepan anak-anak kita akan menunjukkan hasilnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, per Minggu (15/5/202) kontingen Indonesia telah mengemas 19 medali emas, 28 perak dan 23 perunggu dan berada di peringkat keempat klasemen sementara  SEA Games 2021 Vietnam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas