Tribun Sport

MotoGP

Belum Ada Kata Deal antara Joan Mir dengan Honda, Manajer: Ya Enggak Tau Kok Tanya Saya!

Manajer Joan Mir mengaku tak tahu menahu soal mandegnya negosiasi antara kliennya dengan Honda untuk gelaran MotoGP 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in Belum Ada Kata Deal antara Joan Mir dengan Honda, Manajer: Ya Enggak Tau Kok Tanya Saya!
JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP
Pembalap Spanyol Tim Repsol Honda Marc Marquez (kanan) bersaing di depan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir (tengah) dan pembalap tim balap Aprilla Gresini pembalap Italia Lorenzo Savadori (kiri) selama sesi latihan bebas pertama di Grand Prix Moto GP Prancis pada 14 Mei , 2021 di Le Mans, barat laut Prancis. 

TRIBUNNEWS.COM - Manajer Joan Mir, Paco Sanchez mengonfirmasi bahwa Honda menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia bagi kliennya untuk gelaran MotoGP 2023.

Namun mandegnya negosiasi kedua belah pihak dan alasan tak kunjung menemui kata sepakat menjadi pertanyaan.

Paco Sanchez terus dicecar oleh beragam pertanyaan dari media seputar masa depan Joan Mir.

Dia memilih bungkam lantaran belum ada yang pasti soal kemajuan diskusi kontrak pembalapnya dengan tim Honda Racing Corporation (HRC).

Baca juga: Pimpin Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, Fabio Quartararo Tak Merasa Tertekan

Aksi Joan Mir (Suzuki Ecstar) ketika berada di depan pembalap Mooney VR46 Racing, Luca Marini saat sedang balapan di Sirkuit Barcelona dalam ajang GP Catalunya, Minggu (5/6/2022).
Aksi Joan Mir (Suzuki Ecstar) ketika berada di depan pembalap Mooney VR46 Racing, Luca Marini saat sedang balapan di Sirkuit Barcelona dalam ajang GP Catalunya, Minggu (5/6/2022). (Website MotoGP)

Sebagaimana yang diketahui, Joan Mir maupun Alex Rins dipastikan berganti tim untuk MotoGP 2023.

Kenyataan pahit ini harus dirasakan oleh dua pembalap asal Spanyol lantaran Suzuki Ecstar memutuskan untuk undur diri setelah kejuaraan dunia musim ini berakhir.

Rins, kabarnya kian dekat dengan LCR Honda Idemitsu. Dia menggantikan posisi Alex Marquez yang sudah deal berlabuh ke Gresini Ducati.

Kini yang menjadi teka-teki adalah masa depan Joan Mir.

Isu yang berkembang, juara dunia MotoGP 2020 itu bakal bertandem dengan Marc Marquez di tim pabrikan Honda.

Namun hingga sekarang, tim berlogo sayap tunggal mengepak itu tak menunjukkan progres yang signifikan dalam penandatanganan Joan Mir.

"Ya jangan tanya saya, saya enggak tahu," jawab Paco Sanchez, ketika ditanya masa depan Joan Mir dengan Honda, dikutip dari laman Tuttomotoriweb.

Sang manajer meminta untuk menghubungi Alberto Puig sebagai manajer Repsol Honda untuk mengetahui perkembangan jelasnya.

"Anda harus bertanya ke Alberto Puig mengapa mereka tak kunjung membuat keputusan. Saya pikir Honda menunda keputusan bukan karena tergiru kepada Pedro (Acosta), dia belum siap," cetusnya.

Pedro Acosta di gadang-gadang menjadi superstar baru di ajang balap MotoGP. Namun kini sang rider muda masih berkompetisi di Moto2.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas