Tribun Sport

MotoGP

Jadwal MotoGP 2023 Berubah, Kazakhstan Masuk Kalender Balapan Marc Marquez Cs

Sirkuit Sokol Kazakhstan dipastikan masuk kalender jadwal MotoGP 2023 dengan meneken kontrak berhak menggelar race selama lima tahun.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Jadwal MotoGP 2023 Berubah, Kazakhstan Masuk Kalender Balapan Marc Marquez Cs
VLADIMIR SIMICEK / AFP
Jadwal MotoGP 2023 alami perubahan dengan masuknya GP Kazakhstan - Para pembalap MotoGP bersaing di Grand Prix Austria yang berlangsung di Sirkuit Redbull Ring di Spielberg pada 21 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Jadwal MotoGP 2023 dipastikan mengalami perubahan setelah Kazakhstan dipastikan masuk kalender balapan Marc Marquez cs musim depan.

Negara kawasan Asia Tengah ini memiliki lintasan balap bernama Sirkuit Sokol, terletak 60 km dari kota terbesar Kazakhstan yakni Almaty.

Kepastian Dorna Sports menggelar balapan di Kazakhstan untuk MotoGP 2023 diumumkan melalui laman resminya, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: MotoGP 2022: Ducati Belum Turunkan Mandat, Rider Jebolan Sekolah Rossi Gotong Royong Bantu Bagnaia

"Kejuaraan Dunia FIM MotoGP akan datang ke Kazakhstan 2023 menandai dimulainya kontrak lima tahun baru yang melihat MotoGP," tulis pernyataan MotoGP.

Seperti halnya MotoGP Mandalika di Indonesia, Kazakhstan menekan kontrak lima tahun untuk menggelar balapan.

Bukannya tanpa alasan mengapa MotoGP menunjuk Kazakhstan sebagai seri baru untuk kelander MotoGP 2023.

Selain memberikan warna baru, Dorna Sports jelas menginginkan perluasan pasar MotoGP dengan menjadikan Kazakhstan sebagai ladang selanjutnya.

Kazakhstan menjadi negara ke-30 yang didapuk menggelar ajang balap MotoGP terhitung sejak tahun 1949.

"Kazakhstan juga akan menjadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah Grand Prix sepeda motor sejak tahun 1949, nomor tengara yang sempurna untuk merayakan sejarah yang terus berkembang dari Kejuaraan Dunia motorsport," sambung MotoGP.

Wacana menggelar balapan di Kazakhstan sudah lama tercetus. Tepatnya saat Kymi Ring Circuit International undur diri dari kalender MotoGP 2022.

Sirkuit Sokol menjadi pengganti dan saat ini wacana tersebut terealisasi.

Dilansir laman GP One, sirkuit didesain oleh Hermann Tilke, desainer sirkuit yang telah banyak menangani sirkuit MotoGP dan F1.

Panjang sirkuit Sokol yakni 4.495 meter, dengan arah jarum jam alias clockwise.

Sirkuit Sokol mempunyai 12 tikungan (8 ke kanan dan 4 ke kiri).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas