Tribun Sport

SAC Indonesia 2022: Rekor Tolak Peluru Tercipta di Hari Pertama Kualifikasi Papua di Mimika

Kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 telah memulai babak kualifikasi zona Papua.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Rochmat Purnomo
zoom-in SAC Indonesia 2022: Rekor Tolak Peluru Tercipta di Hari Pertama Kualifikasi Papua di Mimika
SAC Indonesia
Atlet pelajar dari SMPS Petra Timika, Meliaton Kum mencatatkan lemparan sejauh 11,25 meter pada nomor tolak peluru jenjang SMP kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Energen Champion Students Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Papua Qualifiers di Mimika Sports Complex, Jumat (7/10). 

TRIBUNNEWS.COM - Kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022  mulai menggelar babak kualifikasi zona Papua.

Kualifikasi SAC Indonesia 2022 zona Papua dimulai Jumat (7/10/2022) hingga Minggu (9/10 2022) di Mimika Sports Complex (MSC)

Lebih dari 2.500 atlet pelajar mewakili 90 sekolah yang datang dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi Papua saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. 

Pada ajang penjaringan bibit-bibit potensial atletik bagi pelajar tingkat SD hingga SMA.

Baca juga: Jaring Bibit Muda Potensial Cabor Atletik, Kompetisi SAC Indonesia 2022 Dibentuk

Atlet pelajar dari SMPS Petra Timika, Meliaton Kum mencatatkan lemparan sejauh 11,25  meter pada nomor tolak peluru jenjang SMP kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Energen Champion Students Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Papua Qualifiers di Mimika Sports Complex, Jumat (7/10).
Atlet pelajar dari SMPS Petra Timika, Meliaton Kum mencatatkan lemparan sejauh 11,25 meter pada nomor tolak peluru jenjang SMP kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Energen Champion Students Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Papua Qualifiers di Mimika Sports Complex, Jumat (7/10). (SAC Indonesia)

Baru memulai hari pertama penyelenggaraan di provinsi paling ujung timur Indonesia ini, Energen Champion SAC di Mimika (Papua Qualifiers) langsung memunculkan talenta muda potensial.

Salah satunya datang dari persaingan nomor tolak peluru putra jenjang SMP. Meliaton Kum dari SMPS Petra Timika keluar sebagai pemenang.  Dengan mencatatkan jarak sejauh 11,25 meter.

Disusul oleh Yosep Gwijangge dari SMPN 7 Mimika yang harus puas menempati posisi runner-up dengan 10,83 meter.

Sementara tempat ketiga diraih Akim Wantik dari SMPN Sentra Pendidikan dengan 10,47 meter.

Tak hanya sukses menjadi champion Papua Qualifiers. Catatan jarak lemparan Meliaton, beserta tiga posisi teratas di Papua Qualifiers ini ternyata berhasil mempertajam rekor lemparan terbaik dari champion Bali-Nusra Qualifiers, yang dicatatkan atas nama M. Fardan (SMPN 13 Mataram) dengan jarak 10,20 meter.  

Hari pertama Energen Champion SAC di Mimika pada Jumat (7/10/2022), dimulai dengan sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 WIT.

Selain tolak peluru putra dan putri tingkat SMP, juga melombakan babak penyisihan lari 800 meter putri untuk kategori SMP.

Dilanjutkan dengan lompat jauh putri jenjang SMA dan disusul tolak peluru putra SMA.

Kemudian dilanjutkan dengan tiga babak penyisihan untuk SMP, yakni lari 800 meter putra dan 80 meter putra-putri.

Pada sesi kedua yang dimulai pukul 14.30 WIT. Dibuka dengan lari 60 meter dari kategori putra jenjang SD.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas