Tribun Sport

MotoGP

MotoGP Malaysia: Start di Barisan Depan, Marc Marquez Tidak Menyangka karena Honda Banyak Masalah

Marc Marquez tidak menyangka bisa start di front row jelang race day MotoGP Malaysia 2022 padahal motor honda banyak masalah.

Penulis: Niken Thalia
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in MotoGP Malaysia: Start di Barisan Depan, Marc Marquez Tidak Menyangka karena Honda Banyak Masalah
MOHD RASFAN / AFP
Marc Marquez tidak menyangka bisa start di front row jelang MotoGP Malaysia 2022 - Pembalap Spanyol Repsol Honda, Marc Marquez melaju melewati tikungan saat latihan bebas pertama MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang pada 21 Oktober 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Marc Marquez jelang race day MotoGP Malaysia 2022 berada di starting grid barisan depan.

Pasalnya, di kualifikasi (Q2) MotoGP Malaysia 2022 Marc Marquez berhasil menyuguhkan kejutan apik di Sirkuit Sepang.

Rider berjuluk The Baby Alien itu berhasil melakukan time attack di penghujung sesi dan berhasil melesat ke posisi ketiga.

Menanggapi capaian itu, Marc Marquez malah mengaku tidak menyangka karena menurutnya Honda tengah banyak masalah.

Baca juga: Starting Grid MotoGP Malaysia 2022: Marc Marquez dari Front Row, Bagnaia & Quartararo di Belakang

(dari kiri ke kanan) Pembalap Ducati Gresini Racing, Enea Bastianini, pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin, dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berpose setelah masing-masing finis pertama, kedua dan ketiga setelah sesi kualifikasi MotoGP kedua di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022.
(dari kiri ke kanan) Pembalap Ducati Gresini Racing, Enea Bastianini, pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin, dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berpose setelah masing-masing finis pertama, kedua dan ketiga setelah sesi kualifikasi MotoGP kedua di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022. (MOHD RASFAN / AFP)

Karena RC213V miliknya memiliki banyak masalah ketika diajak ngaspal di Sepang, dia sendiri cukup terkejut bisa mendapatkan hasil apik di kualifikasi.

"Saya tidak tahu bagaimana saya bisa berada di barisan depan karena pada pagi hari kami tertinggal dan kami memiliki banyak masalah" buka Marquez dilansir Speedweek.

Rekan satu tim Pol Espargaro ini menerangkan tidak mendapatkan banyak perasaan yang bagus ketika menunggangi motornya.

Dia hanya mengemudi dengan penampilan terbaiknya sambil mengambil banyak risiko.

"Perasaan itu tidak ada, tapi setidaknya putarannya berhasil. Saya mengambil banyak risiko. Saya terkejut bahwa saya bisa mengemudikan hampir semua lap di Q1 dan Q2," tutur Marquez menambahkan.

Namun terlepas dari itu, Marquez memang telah membuat kejutan yang menawan di Sepang.

Rider besutan Repsol Honda itu belum berhasil menembus Q2 setelah merampungkan FP3.

Sehingga pembalap Spanyol itu harus berjuang dari Q1 untuk mengamankan kesempatan balapan di Q2.

Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez berpose setelah finis ketiga pada sesi kualifikasi kedua MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022.
Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez berpose setelah finis ketiga pada sesi kualifikasi kedua MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022. (MOHD RASFAN / AFP)

Saat tampil di Q1, Marquez juga terjebak di posisi terbelakang dan time attack yang ia lakukan tidak berhasil.

Sampai di akhir sesi Q1, Marquez justru sukses melesat ke posisi kedua sekaligus mengamankan stau tempat terakhir di Q2 menemani Bagnaia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas