Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

UG-Bogoljubov, Robot Catur Cerdas Hadir di Kejuaraan Catur Junior Nasional Pada 5-6 November 2022

Robot Catur Cerdas tersebut telah diuji bermain catur melawan beberapa pecatur ulung seperti Grand Master Novendra Priasmoro.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in UG-Bogoljubov, Robot Catur Cerdas Hadir di Kejuaraan Catur Junior Nasional Pada 5-6 November 2022
HandOut/IST
Robot catur cerdas pertama di Indonesia yang diberi nama UG-Bogoljubov hadir di kejuaraan Catur Junior Nasional untuk kelompok umur U13 dan U17 pada tanggal 5 - 6 November 2022. 

UG-Bogoljubov, Robot Catur Cerdas Hadir di Kejuaraan Catur Junior Nasional Pada 5-6 November 2022

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah robot catur memeriahkan gelaran kejuaraan Catur Junior Nasional untuk kelompok umur U13 dan U17 pada tanggal 5 - 6 November 2022.

Kejuaraan ini  digelar di Kampus L Universitas Gunadarma hasil kerjasama Universitas Gunadarma dan Kata Catur.

Robot ini diklaim sebagai sebuah robot catur cerdas pertama di Indonesia yang diberi nama UG-Bogoljubov yang diresmikan pada tanggal 16 Oktober 2022 di UG-Technopark.

Baca juga: Grandmaster Catur Amerika, Hans Niemann Diduga Curangi Lebih Dari 100 Pertandingan Online

Nama Bogoljubov (14 April 1889 – 18 Juni 1952) adalah seorang pecatur Rusia yang telah berhasil menjuarai berbagai turname Dunia saat itu.

Pengembang Robot UG-Bogoljubov adalah dosen dan mahasiswa serta Civitas Akademika Universitas Gunadarma.

Robot Catur Cerdas tersebut telah diuji bermain catur melawan beberapa pecatur ulung seperti Grand Master Novendra Priasmoro.

BERITA TERKAIT

Pada saat kejuaraan tersebut berlangsung UG-Bogoljubov telah banyak melawan peserta ataupun pelatihnya dan UG-Bogoljubov berhasil memenangkannya.

Inovasi Sistem robot catur cerdas tersebut adalah menggunakan teknologi sistem lengan robot yang dikendalikan secara otomatis oleh berbagai sensor untuk membaca langkah buah catur dan sistem pengamanan, serta Algoritma Kecerdasan Artifisial yang secara dinamis dan adaptif mampu mencari solusi langkah-langkah buah catur agar dapat memenangkan pertandingan.

Inovasi pada Algoritma yang dikembangkan adalah dapat menyimpan dan mempelajari langkah buah catur lawan untuk menyusun langkah strategis sebagai upaya memenangkan pertandingan.

Adapun ketua penyelenggara, Fendi, menjelaskan, kejuaran Catur Junior ini bertujuan untuk mencari bibit unggul pecatur yang diharapkan ke depan dapat menjuarai berbagai kejuaraan catur tingkat Internasional.

Jumlah peserta pertandingan sebanyak 109 peserta yang terdiri dari kelompok umur U13 sebanyak 80 peserta dan U17 sebanyak 29 peserta.

Kejuaraan Catur terserbut dibuka oleh Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma, Prof Dr Drs Didin Mukodim.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas