Tribun Sport

MotoGP

Demi Gelar Juara MotoGP 2023, Marquez Minta Honda Bikin RC213V Spek Motor Ducati

Rider asal Spanyol, Marc Marquez mendambakan motor Honda, RC213V bisa dirubah menjadi spek kuda besi Ducati yang 'ramah' di semua trek.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Demi Gelar Juara MotoGP 2023, Marquez Minta Honda Bikin RC213V Spek Motor Ducati
MOHD RASFAN / AFP
Pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller (kanan) dan pembalap Spanyol Repsol Honda Marc Marquez mengemudi selama sesi kualifikasi pertama MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez melayangkan permintaan khusus kepada pabrikan asal Jepang demi perburuan gelar juara duni MotoGP 2023.

Marc Marquez minta kepada Honda untuk menciptakan RC213V dengan spek motor Ducati, Desmosedici.

'Spek Ducati' yang dimaksud oleh Marc Marquez ialah kuda besi yang bisa tampil maksimal di semua medan, bukan hanya satu atau dua sirkuit saja.

Agenda MotoGP 2023 telah resmi dimulai, Selasa (8/11/2022). Marc Marquez dan pembalap lainnya sudah menggeber kuda besinya di tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Baca juga: Deretan Sejarah Baru yang Diukir Gresini Racing dan Enea Bastianini di Akhir Musim Balap MotoGP 2022

Pebalap Ducati Lenovo Italia Francesco Bagnaia melaju di depan pembalap Italia Ducati Gresini Racing Enea Bastianini dan pembalap Spanyol Repsol Honda Marc Marquez selama balapan motor MotoGP Malaysia Grand Prix di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 23 Oktober 2022.
 (Photo by MOHD RASFAN / AFP)
Pebalap Ducati Lenovo Italia Francesco Bagnaia melaju di depan pembalap Italia Ducati Gresini Racing Enea Bastianini dan pembalap Spanyol Repsol Honda Marc Marquez selama balapan motor MotoGP Malaysia Grand Prix di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 23 Oktober 2022. (Photo by MOHD RASFAN / AFP) (AFP/MOHD RASFAN)

Tes pramusim ini dilakukan untuk para pembalap maupun tim menemukan set-up terbaik dalam pengembangan kuda besinya. 

Marc Marquez melahap 50 putaran di tes pramusim seri Valencia menggunakan motor purwarupa RC213V.

Sejumlah perubahan terjadi, baik dari segi engine maupun bagian aerodinamisnya. Namun diakui oleh pembalap berjuluk The Baby Alien, ada beberapa catatan yang membuatnya belum puas dengan pengembangan RC213V.

"Kami telah menjajal motor prototipe untuk musim depan. Ada perubahan pada aerodinamis, sasis, dan sedikit modifikasi. Namun saya tak menemukan hasil yang signifikan dari perubahan itu," buka Marc Marquez, seperti yang dikutip dari laman Motosan.

"Memang ada beberapa perubahan bagus di satu titik (lintasan), namun kembali mengalami penurunan di titik (trek) lainnya," terang pemilik nomor #93 ini.

"Saya mengharapkan lebih kepada pengembangan motor. Jujur, saya tak bisa mengatakan kecewa dengan kondisi ini, karena sekarang Honda baru saja berprogres," sambungnya.

Bahkan The Baby Alien telah meminta sebuah request khusus kepada para insinyur Honda untuk membuat RC213V memiliki spek seperti Desmosedici Ducati.

"Kecepatan menjadi sangat penting saat ini. Dan jika memungkinkan, saya ingin memiliki motor dengan kualitas yang sama bagusnya di semua sirkuit," harapan Marquez.

Ducati, memang menjadi tolak ukur dalam pengembangan device di MotoGP 2022. Banyak fitur hingga pengembangan motor berkiblat pada pabrikan Italia ini.

Desmosedici bahkan di sebut-sebut sebagai kuda besi paling sempurna yang berada di MotoGP 2022. Tak hanya gacor di lintasan lurus, namun dalam sisi cornering perlahan menemukan keseimbangan.

Evolusi signifikan dari Desmosedici membuat motor Ducati tak hanya unggul di beberapa sirkuit saja, namun garang di semua trek dalam kalender MotoGP 2022.

Ini yang didambakan oleh Marc Marquez untuk MotoGP 2023 demi bisa bersaing dalam perburuan gelar juara dunia.

(Tribunnews.com/Giri)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas