Tribun Sport

Formula 1

Verstappen-Sergio Perez Podium Ganda di F1 Abu Dhabi, Red Bull Racing Ukir Sejarah Baru di Formula 1

Pada F1 musim ini, secara luar biasa Tim Red Bull Racing mampu menang balapan 17 kali, 5 kali podium ganda, dan mengantarkan Verstappen jadi Juara

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Verstappen-Sergio Perez Podium Ganda di F1 Abu Dhabi, Red Bull Racing Ukir Sejarah Baru di Formula 1
HandOut/IST
Dua pebalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez sukses mengakhiri musim Formula 1 2022 di Sirkuit Abu Dhabi, 20 November dengan raihan podium ganda, Minggu (20/11/2022). Max Verstappen yang finis di posisi 1 memantapkan gelar sebagai Juara Dunia F1 2022, dan Sergio Perez yang finis di posisi 3 sekaligus mengunci juara ketiga di klasemen pembalap. 

Verstappen-Sergio Perez Podium Ganda di F1 Abu Dhabi, Red Bull Racing Ukir Sejarah Baru di Formula 1

TRIBUNNEWS.COM - Tim Red Bull Racing mengukir sejarah baru di ajang Formula 1 seusai dua pebalap mereka, Max Verstappen dan Sergio Perez sukses mengakhiri musim Formula 1 2022 di Sirkuit Abu Dhabi, 20 November dengan raihan podium ganda.

Max Verstappen yang finis di posisi 1 memantapkan gelar sebagai Juara Dunia F1 2022, dan Sergio Perez yang finis di posisi 3 sekaligus mengunci juara ketiga di klasemen pembalap.

Adapun untuk Tim Red Bull Racing, hasil ini juga memantapkan posisi mereka sebagai Juara Dunia Konstruktor 2022.

Baca juga: Mobil Jet Darat RB18 Melempem di F1 Brazil 2022, Verstappen Siap Kawal Sergio Perez di F1 Abu Dhabi 

Baca juga: F1 Meksiko 2022, Strategi Jitu Bawa Verstappen Tebas Rekor Schumacher dan Perez Podium di Kandang

Pada musim ini, secara luar biasa Tim Red Bull Racing memang mencatatkan hasil impresif sepanjang musim 2022.

Mereka mampu menang balapan 17 kali, 5 kali podium ganda, dan mengantarkan Max Verstappen sebagai Juara Dunia untuk kedua kalinya, sekaligus mempertahankan gelar juara dunianya musim lalu, dan meraih Juara Dunia Konstruktor F1 2022.

Pada klasemen akhir Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen unggul jauh dengan total 454 poin, sedangkan Sergio Perez memiliki 305 poin.

Bagi Max Verstappen, balapan kali ini sangat luar biasa, bisa menang lagi di Sirkuit Yas Marina dan meraih kemenangan 15 seri sepanjang musim ini.

"Balapan berlangsung bagus, strategi satu kali pit stop sangat berguna, dan semua bagaimana mengatur kondisi ban," kata Max Verstappen.

Baca juga: Drama Pit Stop Max Verstappen di Balik Gelar Juara Dunia Konstruktor Formula 1 2022 Red Bull Racing

Dua pembalap Tim Red Bull Racing naik podium kemenangan di F1 Meksiko pada Minggu, 30 Oktober 2022. Max Verstappen yang start dari pole position berhasil mengamankan finis terdepan, dan Sergio Perez finis posisi ketiga pada balapan yang digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez sepanjang 71 lap, dan disaksikan lebih dari 395.000 orang. Posisi podium dua balapan ini diraih oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton.
Dua pembalap Tim Red Bull Racing naik podium kemenangan di F1 Meksiko pada Minggu, 30 Oktober 2022. Max Verstappen yang start dari pole position berhasil mengamankan finis terdepan, dan Sergio Perez finis posisi ketiga pada balapan yang digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez sepanjang 71 lap, dan disaksikan lebih dari 395.000 orang. Posisi podium dua balapan ini diraih oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton. (HandOut/ExxonMobil)

"Kami telah jalani musim sangat luar biasa, terima kasih kepada tim yang telah bekerja keras hingga Abu Dhabi dan juga para ahli yang mendukung di fasilitas produksi. Olahraga ini memang perlu dukungan penuh dan Tim Red Bull Racing punya semuanya, sangat jelas. Saatnya beristirahat dan berharap semuanya menikmati musim dingin bersama keluarga dan rekan-rekan," ujar pebalap Belanda ini.

Adapun Sergio Perez yang mengakhiri musim di posisi tiga klasemen mengakui sangat puas atas pencapaiannya.

"Saya telah kerahkan semuanya. Hingga akhirnya harus menerima keadaan, karena inilah balapan, terkadang bisa menang dan menerima kekalahan. Memang menyakitkan kehilangan posisi dua klasemen Juara Dunia terpaut satu detik lagi, ada yang bisa kita lakukan lebih baik tapi akhirnya harus menerima kenyataan," ungkapnya.

Berkomentar tentang prestasi di musim ini, Sergio Perez mengatakan, "Kami telah berusaha maksimal dan tiap balapan kita melakukannya. Tim telah melakukan sangat luar biasa dan senang bisa mengakhiri musim di posisi yang bagus, kita akan membahas dan bisa membuat hasil bagus lagi di tahun 2023."

Pebalap Oracle Red Bull Racing Sergio Perez sukses mengamankan podium dua di F1 GP Australia 2022, Minggu (10/4/2022).
Pebalap Oracle Red Bull Racing Sergio Perez sukses mengamankan podium dua di F1 GP Australia 2022, Minggu (10/4/2022). (dok. mobil lubricants)

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara, mengatakan pencapaian tim yang didukung pihaknya ini terhitung fantastis. 

"Mobil Lubricants mengucapkan selamat untuk Tim Red Bull Racing, kerjasama yang solid mampu ditunjukkan oleh tim untuk meraih dan mempertahankan titel Juara Dunia pembalap dan juga konstruktor hingga akhir musim 2022. Tanpa adanya saling mendukung tentu saja hal ini sulit diraih, dan mengakhiri musim terbaik mereka yang tercatat di sejarah Formula 1," ujar Sri Adinegara.

Sri Adinegara menambahkan bahwa, “Meski titel Juara Dunia pembalap Max Verstappen dan konstruktor Red Bull Racing sudah diraih, tentunya ini akan menjadi tantangan bagi tim dan pembalap untuk mempertahankannya di musim depan. Kami berharap musim depan Tim Red Bull Racing yang terus didukung penuh Mobil Lubricants mampu meningkatkan kemampuan dan performa yang lebih baik lagi, dan tidak terlena dengan hasil baik di musim ini.

Dia mewanti-wanti, persaingan di ajang balapan jet darat Formula 1 musim depan akan kian kompetitif.

"Kami percaya kompetisi musim depan akan semakin sengit, kompetitor tentunya akan melakukan langkah lebih
baik lagi,” kata dia. (*/) 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas