Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

MotoGP 2023 - Peran Ken Kawauchi Beri Angin Segar untuk Honda & Alex Rins

Kemenangan Alex Rins besutan LCR Honda ketika naik podium tertinggi MotoGP Amerika 2923 tak luput dari satu nama yakni Ken Kawauchi.

Penulis: Niken Thalia
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in MotoGP 2023 - Peran Ken Kawauchi Beri Angin Segar untuk Honda & Alex Rins
MIRCO LAZZARI GP / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFP
MotoGP 2023 - Peran Ken Kawauchi Beri Angin Segar Bagi Honda & Alex Rins - AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: Alex Rins dari Spanyol dan LCR Honda Castrol merayakan kemenangan di akhir balapan MotoGP selama MotoGP Amerika - Balapan pada 16 April 2023 di Austin, Texas. 

TRIBUNNEWS.COM - Kemenangan Alex Rins besutan LCR Honda ketika naik podium tertinggi MotoGP Amerika 2923 tak luput dari satu nama yakni Ken Kawauchi.

Manajer Teknis baru Honda yang hijrah setelah Suzuki 'minggat' dari MotoGP menjadi angin segar tersendiri.

Sebab namanya mulai diperbincangkan dan bahkan mempersembahkan satu kemenangan di MotoGP 2023 kali ini lewat Alex Rins.

Walau tak diperkuat Marc Marquez ketika beraksi di Circuit of The Americas (COTA), Honda tetap full senyum melalui kejayaan Alex Rins.

Baca juga: MotoGP 2023 - Teruntuk Marc Marquez, Lihat Alex Rins Bisa Juara Tanpa Seruduk Sana-sini

AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: (LR) Fabio Quartararo dari Prancis dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team dan Alex Rins dari Spanyol dan LCR Honda Castrol dan Lucio Cecchinello dari Italia merayakan podium di akhir balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Berlomba pada 16 April 2023 di Austin, Texas.
AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: (LR) Fabio Quartararo dari Prancis dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team dan Alex Rins dari Spanyol dan LCR Honda Castrol dan Lucio Cecchinello dari Italia merayakan podium di akhir balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Berlomba pada 16 April 2023 di Austin, Texas. (MIRCO LAZZARI GP / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Bahkan di tengah jalannya balapan rider asal Spanyol itu sempat bertarung dengan Francesco Bagnaia yang memimpim balapan sejak awal.

Namun ketika Bagnaia pada akhirnya terjatuh hingga terpental ke gravel, di situlah Alex Rins terus menjaga performanya hingga akhir dan keluar sebagai kampiun.

Mantan Direktur Teknis Honda, Giulio Bernardele memberikan ulasannya soal kinerja Ken Kawauchi yang disinyalir bakal mendongkrak performa RC213V.

BERITA TERKAIT

Bernardele menerangkan bahwa karakter motor yang saat ini digarap oleh kawauchi cukup berbeda dengan Suzuki.

Kendati berbeda, kehadiran Kawauchi justru lebih di tekankan untuk mengatasi faktor non-teknis yang ada pada Honda.

Yaitu soal sikap Kawauchi yang dinilai bisa lebih kompromo untuk mendapatkan saran dan perbedaan pendapat baik dari rider maupun teknisi.

"Kontribusi yang bisa diberikan Kawauchi kepada Honda adalah menciptakan metodologi kerja yang memungkinkannya mengumpulkan banyak informasi yang kemudian mengarahkan mereka untuk memecahkan masalah," buka Bernardelle sebagaimana dikutip dari laman Moto.it.

"Saya tidak mengenalnya secara pribadi, dia dari generasi setelah saya, dia adalah generasi (insinyur) yang kedua dari proyek Suzuki antara 2015 dan 2017, kemudian mengambil alih posisi pertama di tahun-tahun berikutnya."

Baca juga: Beda Nasib Eks Rider Suzuki di MotoGP 2023: Alex Rins Juara, Joan Mir Masih Memble

Pebalap Honda asal Spanyol Alex Rins (Depan) berlomba dalam balapan sprint Grand Prix MotoGP Portugis di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, pada 25 Maret 2023.
PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP
Pebalap Honda asal Spanyol Alex Rins (Depan) berlomba dalam balapan sprint Grand Prix MotoGP Portugis di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, pada 25 Maret 2023. PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Konsep dan cara kerja itu yang disinyalir yang bakal jadi juru gedor anyar di Honda.

Mengingat Honda sendiri untuk saat ini tengah mengalami masa sulit dan bertekad untuk bangkit demi kembali menegakkan kejayaannya.

Dengan Kawauchi, Bernardelle secara tegas menuturkan bahwa pria Jepang itu akan jadi pembeda di Honda pada musim ini.

Dapat disimpulkan, hal positif yang sejauh ini diraih Honda setelah mendatangkan Kawauchi diharapkan sebagai sinyal apik untuk kedepannya.

(Tribunnews.com/Niken)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas